DPRD Jabar Dukung Penuh Kreativitas Warga

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– DPRD Jawa Barat berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Jabar bisa lebih baik dalam menggali potensi kreatifitas warga di tanah Parahyangan ini. Hal tersebut penting agar berbagai kreatifitas yang dimiliki masyarakat bisa memberi keuntungan ekonomi.


Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, pemerintah harus mendukung penuh setiap kreatifitas yang dihasilkan warga. “Ke depan ekonomi kreatif harus dikembangkan. Ini potensi di Jabar,” kata Ineu di Bandung, Minggu (15/11).

Ineu menyontohkan, Jatiwangi Art Festival (JAF) di Kabupaten Majalengka harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Menurut Ineu, kegiatan tersebut memberi dampak positif yang besar bagi masyarakat setempat.

“Ini memberi dampak positif bagi masyarakat, pemberdayaan ekonomi. Bule (wisatawan mancanegara) datang, tinggal di rumah-rumah warga. Mereka juga memberi pelajaran kepada warga, bahasa dan lain sebagainya,” kata Ineu yang juga menghadiri langsung acara Jatiwangi Art Festival, di Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Rabu (11/11).

Selain Ineu, acara itu pun dihadiri Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Deddy mengapresiasi pagelaran tersebut.

Menurutnya, pelaku seni dan budaya di daerah tersebut tetap semangat dalam menciptakan meski minim bantuan pemerintah. “Bahkan tidak pernah mengajukan (permohonan bantuan ke pemerintah),” kata Deddy.

Deddy menilai, pelaku JAF memiliki kreatifitas yang tinggi karena mampu mengubah kerusakan alam menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. “Respect terhadap beberapa upaya segelintir anak muda yang tidak menyerah. Bahkan mengubah kerusakan alamnya jadi ekonomi kreatif,” ujarnya.

Guna mendukung pengembangan kreatifitas warga tersebut, menurut Deddy, Pemprov Jabar akan memberi bantuan untuk pembangunan tv komunitas di daerah tersebut. Nantinya, siaran televisi yang memiliki jangkauan sekitar 2 kilometer ini akan dikelola secara penuh oleh masyarakat Jatiwangi.

“Agar anak-anak di desa punya kepercayaan yang tinggi dalam mengekspresikan karyanya,” kata Deddy. Sementara itu, terkait minimnya perhatian pemerintah terhadap berbagai kreatifitas warga, Deddy meminta seluruh dinas terkait baik di provinsi maupun kabupaten/kota agar lebih aktif terjun ke lapangan untuk menginventarisasi.

“Dinas-dinas harusnya jemput bola. Saya belum lama keliling, sudah tahu ada beberapa yang bagus,” pungkasnya.

Seperti diketahui, JAF menampilkan ribuan peserta yang memainkan alat musik dari bahan genting secara bersama-sama. Pada acara yang bertajuk Festival Musik Keramik ini, iringan musik dari bahan genting dimainkan oleh sekitar 5 ribu siswa yang memadati lapang eks Pabrik Gula, Desa Sutawangi, Kec Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Rabu (11/11). (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …