Horee..Warga Ciselang Tak Lagi Terisolasi

Wabup Sumedang H. Eka Setiawan (kiri) bersama Camat Tomo H. Sahna (tengah) saat mencoba melintasi Jembatan Gantung Ciselang, Desa/Kecamatan Tomo yang diresmikan pada Jumat (13/11) kemarin.

Wabup Sumedang H. Eka Setiawan (kiri) bersama Camat Tomo H. Sahna (tengah) saat mencoba melintasi Jembatan Gantung Ciselang, Desa/Kecamatan Tomo yang diresmikan pada Jumat (13/11) kemarin.

POJOKBANDUNG.com, TOMO – Warga Dusun Ciselang yang tinggal di seberang Sungai Cimanuk, Desa/Kecamatan Tomo kini tidak lagi terisolasi. Selama ini penduduk dusun yang berjumlah 450 jiwa yang terdiri dari 115 kepala keluarga (KK), harus menaiki perahu atau menyeberang langsung sungai besar itu, apabila hendak keluar-masuk wilayah dusun.


Puluhan tahun harapan warga setempat ingin memiliki jembatan sebagai akses menyeberang Sungai Cimanuk, kini telah terwujud. Jembatan gantung sepanjang 135 meter dengan lebar 140 centimeter diresmikan Wakil Bupati (Wabup) Sumedang H. Eka Setiawan pada Jumat (13/11) kemarin. Saking gembiranya masyarakat setempat, setelah selesai acara seremonial, mereka langsung mengadakan acara hiburan orgen tunggal di dekat jembatan itu.

Dalam sambutannya, Wabup H. Eka Setiawan menyatakan rasa keprihatinannya yang selama ini dirasakan warga setempat, lantaran tidak memiliki jembatan. “Sungguh sangat prihatin. Baru bisa menikmati jembatan sekarang ini, setelah puluhan tahun ke belakang mendambakan punya jembatan,” kata H. Eka.

Pemerintah punya kewajiban yang sama dalam memperhatikan masyarakat akan kebutuhan pelayanan dan fasilitas umum. “Wajib bagi pemerintah untuk memperhatikannya, sehingga warga Dusun Ciselang sama dengan wilayah yang lain,” tandasnya.

Mengenai keluhan masyarakat dikemudian waktu, terkait tekhnis jembatan tersebut, dia menyarankan agar warga menyampaikan langsung ke UPTD Pekerjaan Umum untuk ditindaklanjuti. “Jika ada keluhan tentang tekhnis jembatan ini, sampaikan saja ke UPTD PU,” sarannya. Sedangkan untuk rencana pembangunan jembatan gantung yang terletak di sebelah Utara Sungai Cimanuk, terlebih dahulu akan melihat prospek dari berbagai aspek.

Eka berharap adanya peningkatan taraf perekonomi masyarakat setempat setelah dibangunnya jembatan dimaksud. Selain itu juga untuk menunjang akses peningkatan pendidikan dan kesehatan warga di sana. “Meskipun wilayah ini terisolir, tetapi saya lihat banyak anak-anak warganya yang cakep,” pujinya seraya menambahkan, agar akses jembatan yang sudah dibangun dengan menelan dana Rp 1,6 milyar itu dapat dijaga dan dirawat dengan baik. (tri)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …