PJU Kota Bandung Akan Gunakan Sistem Investasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Pengadaan fasilitas penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bandung akan mengunakan sistem investasi. Rencananya, tahun depan baru akan mengadakan pra feasibility study (Pra-FS).‎


“Untuk melakukan lelang investasi pembangunan PJU di Kota Bandung, kita harus lalukan pra FS dulu,” ujar Sekretaris Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Didi Ruswandi kepada wartawan, Jumat (13/11).

Pra FS ini, dilakukan berdasarkan tiga hal, kelayakan teknis, untuk mengetahui teknologi apa yang mungkin digunakan.
“Kemungkinannya sih akan menggunakan teknologi LED,” kata Didi.

Selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah financial, yakni kemampuan APBD dalam mengembalikan biaya.

“Mialnya, kemampuan kita dalam membangun PJU Rp A, pengembalian dilakukan 15 tahun, sementara life time PJU-nya sekitar 6 tahun, jadi kita rugi, kalau begitu enggak fisibel namanya,” terang Didi.

Nantinya, teknologi yang akan digunakan adalah teknologi Go green karena hemat energi, penggunakan LED, juga PJU pintar.

“Dengan PJU pintar, kita akan lebih cepat mengetahui kerusakan di satu titik dan bisa segera memperbaikinya. Juga mengatur cahaya yang dibutuhkan,” terangnya.

Selain itu, ada juga melihat dari segi ekonomi, karena dilihat sebenarnya pemerintah dan warga diuntungkan secara ekonomi dengan program caang baranang yang bisa segera terealisasi.
‎”Karenanya harus ada kejelasan sebelum ada lelang investasi,” tegasnya.

Nantinya, juga akan dicek, apakah PJU yang sudah menggunakan LED bisa dipertahankan, untuk menekan biaya atau semua harus diganti, karena perbedaan teknologi yang digunakan. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …