Perusahaan Wajib Ada Fasilitas Menyusui

ojang sohandi

ojang sohandi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG– Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51, Pencanangan Gerakan Perempuan Pekerja Sehat dan Produktif Tingkat Kabupaten Subang tahun 2015 di lapangan Pemkab Subang, Kamis(12/11) ditandai dengan penandatanganan sertifikat Gerakan Perempuan Pekerja Sehat dan Produktif (GP2SP).


Dalam sambutannya Bupati Subang Ojang Sohandi menginstruksikan bagi perusahaan dan atau tempat yang mempekerjakan perempuan wajib menyiapkan fasilitas atau ruangan khusus bagi ibu menyusui atau peras susu. Dengan tersedianya fasilitas kesehatan para pekerja produktif, separti ibu menyusi dan ibu hamil tidak merasa kesulitan karena telah disediakan tempat menyusui atau memeras susu untuk anaknya.

“Karena tidak setiap perusahaan telah menyiapkan fasilitas itu, maka saya instruksina perusahaan harus memberikan layanan atau fasilitasi ruangan ASI bagi perempuan pekerja produktif. Dan pemerintah pun harus benar-benar menjamin keselamatan pekerja perempuan, terutama bagi ibu hamil,” tegas Ojang.

Oleh karena itu, tambah Ojang, pihaknya minta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) segera melakukan evaluasi dan mendata perusahaan yang sudah dan belum memiliki fasilitas tersebut. “Lakukan evaluasi, perusahaan yang sudah siap atau tidaknya karena kita khawatir kalau ini tidak disiapkan, kita akan melahirkan generasi yang tidak berkualitas,” tegasnya.

Selain di perusahaan, kewajiban yang sama juga di kantor pemerintahan, baik di tingkat desa dan kabupaten.

“Bagi yang mengabaikan, kita akan sanksi, kita beri sanksi teguran. Tapi kita tanya dulu permasalahannya apa tidak menyiapkan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Apindo Subang Oo Irtotolosi mengatakan, dari sekitar 590 perusahaan yang ada di Subang, perusahaan yang sudah menyediakan fasilitas ruang untuk ibu menyusui masih sangat minim.

“Masih terbatas, mungkin di bawah 10 perusahaan yang sudah ada,” katanya.

Dalam upacara peringatan HKN tersebut juga diserahkan plakat penghargaan dan bingkisan untuk puskesmas dan posyandu yang berprestasi di Kabupaten Subang. Termasuk tiga perushaan yang paling ikut serta dalam meberikan keselamatan dan kesehatan kerja, Yayasan Resik Subang, Karoke dan Resto Scorpio sebagi tempat hiburan yang peduli terhadap pengendalian HIV/AIDS.

Selain itu, dua orang kader Pos Yandu yang paling lama mengabdi dan yang mengikuti olumpiade kader posyandu tingkat Jabar. Dalam acara tersbut juga disuguhkan hiburan Rampak Gendang dari siswa dan siswi SMA PGRI 1 Subang. (anr)

Loading...

loading...

Feeds