Kampung Cieunteung Baleendah Tergenang Satu Meter

Banjir setiap tahun melanda Kampung Cieunteung.

Banjir setiap tahun melanda Kampung Cieunteung.


POJOKBANDUNG.COM, BALEENDAH- Hujan yang mengguyur pada Kamis (12/11) sore, membuat ratusan rumah di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung terendam banjir.

Dari pantauan di lapangan, hingga Jumat (13/11) pagi, air masih menggenang di Kampung Cieunteung Kelurahan Baleendah dengan ketinggian sekitar satu meter. Sementara, di Kelurahan Andir air sudah surut dan menyisakan lumpur.

“Banjir datang dari tadi malam sekira pukul 20.00,”tutur Ujang Sukirman, salah seorang warga Kampung Cieunteung kelurahan Baleendah ketika diwawanacara.

Menurutnya, Sungai Citarum belum begitu besar , namun air yang menggenang cieunteung merupakan kiriman dari Baleendah.

“Air dari Baleendah masuk ke Citarum, nah pada saat air besar pintu air yang ke Citarum ditutup. Begitu pintu air di tutup otomatis air dari Baleendah masuk ke Cieunteung,”katanya.

Walaupun sudah mulai surut, namun air di cieunteung masih menggenang sampai ketinggian sekitar satu meter, dimungkinkan air baru akan burut pada siang hari.

Sementara itu, di Kelurahan Andir, banjir sempat menggenang pada kamis (12/11) malam.

“Tadi malam memang sempat banjir di Kampung Cigosol RW 06,07,09 dan 13 dengan ketinggian 30-90 sentimeter, dari luapana sungai Cisangkuy, sekarang sudah surut,”tutur Lurah Andir, Saef.

Kendati demikian, warga di Kampung Cigosol belum mengungsi karena air masih turun-naik. Biasanya, warga mulai mengungsi ketika air sudah mencapai ketinggian 150 sentimeter sampai 200 sentimeter.

“Warga masih bertahan di rumah masing-masing, belum ada yang sampai mengungsi,”katanya.

Namun, sebagianwarga, kata Saef sudah mulai mengevakuasi barang-barang, baik dibawa ke lantai dua rumah masing-masing atau membuat rak penyimpanan di dinding rumahnya.

“Memang kami setiap tahun selalu mensosialisasikan kepada warga untuk bersiap-siap ketika mau masuk musim hujan, supaya warga bisa mempersiapkan diri,”ujarnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds