Kasasi JPU Dikabulkan, Terdakwa Bansos Divonis 5 Tahun

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Masih ingat tujuh terdakwa kasus korupsi dana Bansos yang divonis setahun oleh Pengadilan Tipikor PN Bandung pada 17 Desember 2012 lalu, mereka kini sudah menghirup udara bebas. Namun, itu hanya sementara. Sebab, kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dikabulkan.


Seperti diketahui Majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Bandung menjatuhkan hukuman penjara selama 1 tahun pada tujuh terdakwa perkara korupsi dana bansos Pemkot Bandung, Senin (17/12/2012). Tujuh terdakwa yaitu Rochman, Firman Himawan, Luthfan Barkah, Yanos Septahadi, Uus Ruslan, Havid Kurnia, dan Ahmad Mulyana juga dijatuhi denda masing-masing Rp 50 juta subsidair 1 bulan penjara. Serta diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 9,4 miliar.

Vonis majelis hakim tersebut, jauh lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut keenam terdakwa dengan hukuman 3 tahun penjara sementara Rochman 4 tahun penjara. Sementara denda yang dituntut pada ketujuh terdakwa yaitu Rp 100 juta.

Putusan Kasasi MA diterima PN Bandung pekan ini dengan No 1686 K/Pid.Sus/2013 tertanggal 14 Mei 2014, Jo 06 Tipikor/PT.Bdg tertanggal 26 Maret 2013, Jo.25/Pid.sus/2012/PN.Bdg tertanggal 17 Desember 2012. Atasnama Yanos Septadi (33).

Humas PN Bandung, Djoko Indiarto mengatakan, dalam isi putusannya menyebutkan, menolak pemohonan kasasi dari pemohon II terdakwa Yanos Septahadi dan mengabulkan kasasi dari pemohon I JPU Kejari Bandung, serta membatakan putusan di tingkat banding (PT) dan memperbaiki putusan di tingkat pengadilan negeri Bandung.

Menurutnya, Yanos dinyatakan terbukti bersalah melakukan korupsi secara bersama dan berkelanjutan.

“Menjatuhkan hukuman lima tahun penjara, denda Rp 400 juta, subsider kurungan delapan bulan penjara,” ucap Djoko saat membacakan isi pemberitahun putusan MA.

Selain itu, Yanos pun diharuskan membayar uang pengganti senilai Rp 1,4 miliar, diperhitungkan dengan uang yang telah dititipkan oleh terdakwa di kejaksaan, dan bila tidak sanggup harta kekayaannya akan disita.

Menetapkan masa tahanan terdakwa dikurangi masa tahanan yang telah dijalani oleh terdakwa.

Selain Yanos, satu terdakwa dari 7 terdakwa Bansos yang kasasinya sudah turun, yakni Firman Himawan. Firman, divonis ditingkat kasasi dengan hukuman enam tahun, denda Rp 300 juta, subsider kurungan delapan bulan.

Dalam petikan putusan MA untuk Firman, tidak disebutkan berapa uang yang harus diganti. Namun, ketujuh terdakwa bansos diharuskan membayar uang pengganti senilai Rp 9,4 miliar. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds