Satu Jam 15 Pemotor Jatuh di Bantaran Rel Cimindi, Cimahi

Rel KA Cimindi Kota Cimahi

Rel KA Cimindi Kota Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sejumlah warga mengeluhkan kondisi bantaran rel di Jalan Cimindi yang rusak, ditambah musim hujan membuat kondisi jalan licin dan kerap menyebabkan pengendara jatuh. Salah satunya datang dari seorang warga, Rahman ,30, yang meminta kondisi jalan segera diperbaiki.


“Jalannya jelek, banyak yang jatuh. Apalagi sekarang musim hujan, jadi makin licin,” ujar warga Cibabat itu, Kamis (12/11).

Dari pantauan, sekitar pukul 16.00 WIB, kondisi jalan tersebut tidak rata. Sementara jalan di sekitar bantaran rel rusak. Hujan yang turun cukup lebat membuat banyak pengendara kehilangan keseimbangan karena licin.

Dalam satu jam, tercatat 15 pengendara yang jatuh. Rata-rata korban yang jatuh adalah perempuan. Belum lagi puluhan pengendara tergelincir dan hampir jatuh.

Terkait hal itu, pihak PT KAI mengklaim kondisi jalan yang rusak bukan kewenangannya. Sebab, Kondisi rel kereta masih bagus dan layak. “Yang salah itu jalan rayanya bukan rel nya, harusnya masyarakat mengadu ke bina marga kan itu kewenangannya ada di bina marga,” ujar Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi II Kota Cimahi, Zunerfin, saat dihubungi, kemarin (12/11).

Sementara itu, terkait keluhan warga, Plt kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Benny Bachtiar mengakui bahwa memang dari sudah banyak aduan masyarakat ke Pesduk.

Ia mengatakan, meski jalan tersebut merupakan jalan milik Provinsi dan lahan PT KAI, pihak pemerintah kota Cimahi dalam waktu dekat segera memperperbaikinya. “Secepatnya lah kita perbaiki,” ujarnya saat ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Cimahi, Jl. Amir Machmud, belum lama ini.

Disinggung mengenai kewenangan perawatan, ia mengatakan harusnya hal itu bukan menjadi kewenangan pemerintah kota cimahi. “Tapi ketika terjadi seperti ini (membahayakan warga) ya kita perbaiki lah karena itu ada di wilayah kita, masyarakat tidak akan tahu status jalan itu tanggung jawab siapa,” sambungnya.

Hal tersebut diamini Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Agus Joko, yang mengatakan bahwa perlintasan kereta api Cimindi berada di wilayah kewenangan PT KAI dan pusat, karena jalan Nasional.

Meski begitu, ia berencana akan melakukan perbaikan di jalan yang dilewati perlintasan tersebut, karena berada di wilayah kami. “kami sebagai kepala daerah, akan segera memperbaikinya,” pungkas Agus. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …