Dituntut 9 Tahun Bui, Eeh…Wabup Cirebon Divonis Bebas

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memutuskan terdakwa kasus korupsi dana hibah bansos Pemerintah Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2009 – 2012 Tasiya Soemadi Algotas bebas dari tuntutan sembilan tahun penjara.


Ketua Majelis Hakim Tipikor Joko Indiarto mengatakan, terdakwa Tasiya Soemadi Algotas tidak terbukti bersalah sebagaimana tuntutan Jaksa Penuntut umum baik dalam Dakwaan primair dan Subsider.

“Karena itu terdakwa harus segera dibebaskan yang saat ini ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan dikembalikan nama baik dan harkat martabatnya,” ujar Joko di Ruang 1 Pengadilan Negeri Tipikor Jalan LLRE Martadinata Bandung, Kamis (12/11/2015).

Selain itu, Joko menjelaskan, berdasarkan proses ppersidangan dan terungkapnya fakta fakta hukum dan keterangan saksi, tidak dapat membuktikan dengan akurat ihwal dakwaan jaksa yang menyebutkan adanya pemotongan dana hibah dan bansos yang merugikan Negara hingga Rp1,5 Milyar.

“Tidaklah berarti, tidak terbukti adanya perbuatan melanggar hukum dalan pemotongan dana hibah dan Bansos,” tukas Joko.

Sebelumnya, Tasiya Soemadi Algotas dituntut sembilan tahun penjara subsider enam bulan denda Rp200 juta dan dibebankan uang pengganti sebesar Rp159 juta karena terbukti bersalah dalam dakwaan primair pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 jo pasal 20 Tahun 2001 jo pasal 64 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

 

Loading...

loading...

Feeds