Enam Kecamatan di Kabupaten Bandung Waspada Banjir

 


POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mewaspadai beberapa bencana yang biaasa terjadi di musim penghujan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan, sesuai dengan prakiraan Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) saat ini walaupun sudah turun hujan di beberapa wilayah, namun masih dikategorikan musim kemarau.

Kendati demikian, diperkirakan akhir November atau Desember diperkirakan sudah memasuki musim penghujan. Di Kabupaten Bandung sendiri, beberapa bencana alam saat musim penghujan selalu terjadi seperti banjir dan longsor.

“Jelas kita terus melakukan antisipasi potensi bencana alam saat musim hujan, apalaagi sebagian wilayah Kabupaten Bandung masuk dalam zona merah rawan longsor dan banjir,” tutur Tata, Selasa (10/11).

Pihaknya, terus melakukan sosialisasi kepada Masyarakat melalui aparat kewilayahan dan anggota BPBD dan relawan sebagai langkah antisipasi menghadapi bencana.

Mengenai ancaman bencana, kata dia, terdapat empat kecamatan yang harus diwaspadai rawan terjadinya longsor. Yakni Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali dan Pangalengan. Sedangkan daerah yang selalu menjadi langganan banjir adalah, Kecamatan Baleendah, Banjaran, Pameungpeuk, Majalaya, Rancaekek dan Bojongsoang.

Mengenai pergerakan tanah yang berpotensi longsor yang terjadi di Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey dan di beberapa titik lainnya di Pangalengan, kata dia, sampai saat ini masih dalam keadaan aman. Serta masih bisa ditangani oleh tingkat kecamatan dan desa.

“Kami terus melakukan pengamatan di daerah-daerah rawan bencana longsor dan dan. Alhamdulilah sampai sejauh ini belum terjadi apa-apa. Begitu juga di daerah rawan pergerakan tanah masih bisa ditangani oleh pemerintah kecamatan dan desa. Tapi kami juga terus memantaunya,”katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds