Waspada! Marak Penipuan Modus Pinjem Nomor Rekening

Ilustrasi Penipuan

Ilustrasi Penipuan

POJOKBANDUNG.com, SUMEDANG-Berhati-hatilah dengan modus penipuan iming-iming memberikan hadiah besar lewat ponsel dengan target para ibu rumah tangga. Pelaku berpura-pura dari operator selular dan bank pemerintah memberitahukan si target memenangkan undian berhadiah. Namun, ujung-ujungnya mereka meminta nomor rekening.


“Kemarin saya ada telepon dari nomor baru mengaku-ngaku dari operator Indosat. Dia bilang kalau saya mendapatkan undian berhadiah sebesar Rp 50 juta,” ungkap Ny Kokom Komarih, 47, warga Desa Regol Kaler Desa Sukahurip Kecamatan Paseh, Selasa (10/11).

Karena menaruh curiga, kemudian Kokom menyerahkan teleponya ke anaknya. “Setelah saya terima teleponnya dia memaksa meminta nomor rekening. Saat itu saya juga curiga, saya bilang tidak punya rekening di bank,” kata Rizky, anak Ny Kokom.

Meski dijawab tidak memiliki nomor rekening bank, namun kata Rizky si penelepon itu memaksa meminta nomor rekening Bank Mandiri. “Dia terus memaksa meminta nomor rekening Mandiri. Dijawab saya tidak punya, dia juga malah menyarankan untuk meminta nomor rekening saudara atau keluarga lainnya,” beber Rizky lagi.

Bahkan, meski sempat dibilang tidak ada pula, si penelepon terus memberikan alternatif. “Dia juga menebak-nebak, mungkin ada juga rekening pinjaman rumah dia juga menyarankan untuk meminjam nomor rekening tetangga,” tukasnya.

“Tadinya saya mau kerjain dia, tetapi males saya bilang saja nanti kalau sudah ada nomor rekeningnya saya akan kasih tahu lagi,” imbuhnya.

Rizky menaruh curiga, karena saat ini tengah marak penipuan lewat ponsel dengan iming-iming hadiah. Namun pada akhirnya berusaha memengaruhi targetnya dengan secara tidak sadar di bawah pengaruh penelepon untuk mentransferkan sejumlah uang ke nomor rekening si penelepon itu.

Hal yang sama juga dialami, Ny Iis, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di sebuah perumahan di Sumedang mengaku menerima telepon dari nomor baru. “Setelah saya angkat, dia mengaku-ngaku dari Bank BRI Cabang Sumedang memberitahukan kalau saya mendapatkan hadiah Rp 10 juta,” ungkap Iis kemarin.

Karena, merasa tidak memiliki rekening di bank tersebut, saat itu pula Iis menaruh curiga kalau itu telepon penipuan. “Kemudian dia meminta nomor rekening bank. Saya jawab tidak punya. Dia maksa untuk minjem nomor rekening milik saudara atau tetangga. Semakin aneh, akhirnya saya yakini itu penipuan dan langsung menutup telepon,” tandasnya.

Dari kasus-kasus yang ramai diberitakan di berbagai media, para oknum tidak bertanggung jawab itu sengaja meminta nomor rekening dengan target orang-orang awam untuk dijadikan kepanjangan tangan dalam aksi penipuannya. Mereka, jika berhasil mendapatkan mangsa dan berhasil akan mentransferkan uang itu ke rekening yang mereka pinjam untuk menghilangkan jejak penipuan mereka.(eak)

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …