Usai Diperiksa Ketua DPRD Sumut dan Wakilnya Ditahan KPK

Ketua DPRD Sumut

Ketua DPRD Sumut

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ketua DPRD Sumatera Utara Ajib Shah tak banyak bicara saat digelandang ke mobil tahanan oleh petugas KPK. Dia ogah meladeni pertanyaan puluhan awak media yang menanti dirinya keluar dari markas komisi antirasuah sejak siang tadi.

“Sudah diterangkan penyidik semuanya,” kata Ajib singkat seraya berjalan ke mobil tahanan, Selasa (10/11) malam.

Politikus Partai Golkar itu terlihat sangat lelah usahi diperiksa penyidik KPK selama sembilan jam. Pria bertubuh tambun itu berjalan terpincang sehingga harus dipapah dua orang petugas untuk bisa sampai mobil tahanan.

Saat ditanya apakah dirinya menerima uang suap dari Gubernur Gatot Pujo Nugroho, Ajib hanya menjawab singkat. Dia tetap bersikeras tak pernah melakukan transaksi haram dengan gubernur kader PKS itu. “Tidak ada itu,” ujarnya dengan mimik kesal.

Ajib ditahan untuk 20 hari kedepan di Rutan Klas I Salemba Jakarta Pusat. Penahanan dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan terhadap pria yang pada periode 2009-2014 menjabat sebagai anggota DPRD itu.

Berbeda dengan rekan-rekannya, mantan wakil ketua DPRD Sumatera Utara Chaidir Ritonga menyempatkan berbicara kepada awak media sebelum digelandang ke mobil tahanan. Dengan mengenakan rompi tahanan warna oranye, politikus Partai Golkar itu menyampaikan sejumlah pesan.

“Saya tidak melayani pertanyaan, saya mau ngomong, saya patuh menjalani proses hukum di KPK, saya akan ikuti proses ini,” ucap Chaidir kepada awak media di halaman gedung KPK, Selasa (10/11).

Tersangka penerima suap dari Gatot Pujo Nugroho itu mengaku sedih lantaran Provinsi Sumatera Utara terus dikotori kasus korupsi. Karena itu, dia berharap apa yang menimpa dirinya bisa membawa berkah bagi masyarakat Sumatera Utara.

Chaidir juga berpesan agar perbuatannya dan empat tersangka penerima suap lainnya tak diikuti para elite pemerintahan Sumut lainnya baik di tingkat eksekutif maupun legislatif. “Ini mudah-mudahan memberikan kebaikan kepada daerah saya yang bertahun-bertahun mengalami hal ini dan bawa kebaikan untuk saya dan keluarga. Mudah-mudahan tidak diulangi oleh yang lain,” ucapnya.

Meski terkesan menyesal, Chaidir langsung bungkam saat dikonfirmasi mengenai dugaan penerimaan suap dari Gatot. Dia masuk ke dalam mobil tahanan tanpa memberikan jawaban.
Seperti diberitakan sebelumnya, KPK hari ini menahan empat anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 yang berstatus tersangka dalam kasus penerimaan suap dari Gatot Pujo Nugroho. Keempatnya adalah Saleh Bangun, Ajib Shah, Chaidir Ritongga dan Sigit Pramono Asri.

Chaidir sendiri ditempatkan Rumah Tahanan Polda Metro Jaya untuk masa 20 hari ke depan. Sementara tiga tersangka lainnya masing-masing ditempatkan di rumah tahanan yang berbeda. (dil/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …