Tiga Alasan Jalan Cikapundung Diubah Jadi Jalan Sukarno

Jalan Cikapundung diubah jadi Jalan Sukarno

Jalan Cikapundung diubah jadi Jalan Sukarno

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – ‎Sebagai kota yang menginspirasi Bung Karno, wajar jika Kota Bandung punya JL Sukarno.


“Di Kota Bandung, sang proklamator ini mematangkan ideologinya untuk menundukan nusantara,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam pidato sambutan pembukaan nama JL Sukarno, Selasa (10/11/2015).

Emil menegaskan, atas persetujuan keluarga Bung Karno, secara resmi nama jalan ini adalah JL Dr Ir Sukarno. “Insinyur merupakan titel sejak jaman kolonial, doktor adalah penghargaan yang diapat setelah jaman kemerdekaan, sedangkan tulisan Sukarno menggunakan huruf ‘u’ bukan ‘oe’,” beber Emil.

Ia mengaku, dipilihnya JL Cikapundung Timur sebagai JL Sukarno, atas tiga pertimbangan. Pertama adalah, jalan ini bermuara di JL Asia-Afrika, jalan utama pertama di pulau jawa. Selain itu, jalan ini bersebelahan langsung dengan Gedung Merdeka, yang menjadi salah satu tempat yang menjadikan Kota Bandung ibu kota KAA, dan letaknya ada di samping Sungai Cikapundung sebagai Ibunya Bandung.

“Atas dasar religius, logika dan metafisika itulah, dipilih JL Cikapundung Timur sebagai JL Sukarno,” imbuhnya.

Emil meyakini, meski proklamasi diproklamirkan di Jakarta, namun rohnya ada di Bandung. “Karena banyak pemikiran dan perjuangan Bung Karno yang lahir dan matang di Kota Bandung,” jelasnya. ‎(mur)

 

Loading...

loading...

Feeds