Tanpa Ridwan Kamil, Situs Bung Karno Tak Akan Diistimewakan

situs  penjara Banceuy

situs penjara Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Selain meresmikan JL Cikapundung Timur menjadi JL DR IR Sukarno, yang juga diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beserta perwakilan keluarga Sukarno, Guruh Sukarno Putra, adalah situs penjara Banceuy.


Penjara yang lebih dikenal Sel No 5 ini, menjadi bukti sejarah perjuangan Sukarno dalam memerdekakan Republik Indonesia ini, memang baru saja direvitalisasi Pemkot Bandung. “Ini adalah salah satu petilasan perjuangan Bung Karno di Kota Bandung,” ujar Guruh, Selasa (10/11/2015).

Guruh meminta kepada pemimpin di Indonesia, agar keberadan sejarah tetap lestari. “Karena sudah menjadi budaya di Indonesa, bahwa ganti pejabat jadi ganti kebijakan,” terangnya.

Karenanya, Guruh khawatir, ketika Wali Kota Bandung bukan lagi Ridwan Kamil, maka situs ini tidak akan dapat keistimewaan lagi.

“Sekarang mungkin situs ini dapat keistimewaan tapi, ganti pejabat, belum tentu akan ada keistimewaan serupa,” tambahnya. ‎

Guruh mengatakan, jika di kota lain ada juga petilasan Bung Karno, harap memberikan informasi kepada yayasan Bung Karno. Pasalnya, salah satu tugas Yayasan Bung Karno adalah melestarikan dan menjaga petilasan itu.

“Saya sebagai Ketua Yayasan Bung Karno, meminta kepada masyarkat di seluruh Indonesia, untuk memberikan informasi, jika ada petilasan Bung Karno di kota lain,” tambahnya.

Guruh juga mengingatkan, kepada seluruh warga Indonesia, bahwa penulisan nama Sukarno, menggunakan huruh ‘u’ bukan ‘oe’.

“Seperti buku yang biografinya, yang mengatakan, bahwa sebenarnya penggunan’oe’ ini adalah bahasa Belanda,” tambahnya.

Sehingga, Guruh mengingatkan, kepada seluruh masyarakat Indonesia, untuk kembali menggunakan ‘u’ dalam penulisan Bung Karno. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …