Peredaran Miras dan Narkoba dari Nagreg Hingga Cileunyi

Miras

Miras

POJOKBANDUNG.com, SOREANG–Polres Bandung memusnahkan ratusan kilogram ganja kering dan ribuan botol minuman keras yang berhasil diamankan dari para pengedar dari Juli sampai Oktober. Selain itu, 509 knalpot bising dari hasil Operasi Zebra turut dimusnahkan.


Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, sejak Juli sampai Oktober, pihaknya telah mengamankan 8.775 botol minuman keras dan 425 liter tuak dalam operasi yang selalu dilakukannya.

Pada periode yang sama, 61 kilogram ganja kering juga berhasil diamankan oleh Polres Bandung dari beberapa pengedar, beserta sembilan pohon ganja.

“Ini sebagai bukti jika kami tidak main-main dalam memerangi peredaran minuman keras dan narkoba di wilayah hukum Polres Bandung. Hari ini, kami memusnahkannya,”tutur Kapolres, Selasa (11/11).

Peredaran narkoba dan miras, cukup tinggi di Kabupaten Bandung, terlebih di wilayah lintasan seperti sepanjang Nagreg sampai Cileunyi.

“Boleh dibilang tinggi, semua daerah juga sama, apalagi presiden juga sudah menyatakan darurat narkoba. Tapi kita akan berusaha untuk memeranginya terus,” katanya.

Dengan penangkapan-penangkapan para bandar, Polres Bandung berniat memburu bandar-bandar besar sampai ke akarnya. Namun, dia juga mengakui jika sistem peredaran narkoba kerapkali terputus, hal tersebut membuat kepolisian kesulitan untuk memburu bandar besar.

Erwin meminta kepada LSM untuk tidak melakukan sweeping minuman keras atau penyakit masyarakat lainnya, karena hal tersebut sudah menjadi kewenangan kepolisian.

“Kami dilindungi oleh undang-undang, sementara LSM tidak, makanya jangan sekali-kali melakukan sweeping. Jika kami menemukan ada yang melakukan itu, kami akan tindak tegas,” tegasnya.

Kalaupun ada pihak-pihak yang mengetahui ada peredaran miras atau narkoba di wilayah Kabupaten Bandung, lebih baik melaporkannya kepada kepolisian.

“Jika mengetahui ada peredaran miras, laporkan saja kepada kami, akan kami tindak-lanjuti,”katanya.

Selain memusnahkan narkoba, Polres Bandung juga memusnahkan 509 knalpot bising hasil oprasi Zebra beberapa pekan lalu.

KBO lantas Polres Bandung, Iptu Agus Romy mengatakan, selama Operasi Zebra, di seluruh wilayah hukum Polres Bandung pihaknya menyita sekira 1.200 kenalpot bising.

“Kalau total di seluruh wilayah Polres Bandung, yang sekarang dimusnahkan ada 509 buah, sebagian lagi dimusnahkan di polsek-polsek,” ujarnya.

Pemusnahan knalpot bising tersebut, kata Iptu Agus, untuk menjaga kamtibmas dan menjaga stabilitas kondusivitas jelang Pilkada.

“Dimusnahkan, supaya tidak bisa digunakan lagi,” katanya.

Selain dimusnahkan, knalpot tersebut akan dijadikan monumen di depan Mapolres Bandung, sebagai peringatan kepada masyarakat supaya penggunaan knalpot bising bisa ditekan.

“Akan disusun, kemudian dilas untuk dijadikan monumen. Rencananya pembangunannya dalam waktu dekat ini, mau membuat pondasinya dulu,” tandasnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds