Jabar Pacu Semangat Atlet PON Melalui Bonus

PON-XIX-Jabar

PON-XIX-Jabar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong peningkatan kualitas atletnya jelang Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 mendatang. Hal ini sangat penting untuk mewujudkan target juara umum pada ajang olahraga terbesar di Indonesia.

Selain menggelontorkan dana untuk keperluan berlatih atlet, baru-baru ini Pemprov Jabar memberi penghargaan kepada atlet yang akan bertanding pada PON tahun depan. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Jabar Yudha Munajat Saputra mengatakan, melalui penghargaan itu, pihaknya berharap atlet Jabar yang akan bertanding pada PON mendapat semangat baru untuk berlatih.

“Ya, kami berharap mereka makin semangat untuk berlatih,” kata Yudha di Bandung, Senin (9/11). Yudha mengakui, penghargaan yang diberikan itu tidak secara khusus untuk atlet Jabar yang akan bertanding pada PON.

Penghargaan diberikan juga kepada atlet Jabar yang bertanding pada ajang Asian Beach Games 2014, Sea Gamer 2015, Peparnas, dan Popnas. “Tapi kan banyak juga atlet PON di situ. Semoga adanya penghargaan ini lebih memacu motivasi mereka,” kata Yudha.

Yudha pun optimistis target ‘Jabar Kahiji’ akan terwujud terlebih Jabar akan bertindak sebagai tuan rumah. “Insha Alloh bisa. Kami sangat optimis. Melihat perjuangan anak-anak, saya yakin kita bisa juara umum,” katanya.

Seperti diketahui, penghargaan itu diberikan kepada sekitar 600 atlet Jabar yang bertanding pada ajang tersebut. Bentuk penghargaan yang diberikan berbeda-beda mulai dari uang pembinaan, beasiswa pendidikan, hingga upaya penerimaan sebagai pegawai negeri sipil.

Meski tidak menyebut secara rinci nominal yang diterima masing-masing atlet, menurut Yudha, jumlah uang pembinaan yang diberikan pada penghargaan kali ini mencapai Rp 5,6 miliar. Selain itu, penghargaan diberikan juga kepada kabupaten/kota di Jabar yang tergolong sukses dalam melakukan pembinaan atlet.

Kabupaten/kota yang banyak menyumbangkan atlet bagi kontingen Jabar dianggap berhasil dalam melakukan pembinaan atlet. “Kota Bandung paling banyak, artinya pembinaannya bagus. Kita berikan penghargaan ke mereka,” kata Yudha.

Selain Kota Bandung, penghargaan serupa pun diberikan kepada Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Garut, dan Bogor. “Penghargaan ini salah satu upaya untuk memotivasi daerah lain agar lebih meningkatkan pembinaan atlet,” ujarnya.

Menurut Yudha, pembinaan atlet harus dilakukan sebaik mungkin karena merupakan bagian dari pembangunan. Sehingga, lanjutnya, pemerintah kabupaten/kota tidak boleh mengenyampingkan pentingnya pembinaan atlet di masing-masing daerah.

“Jabar ini mengapresiasi daerah manakala berusaha membangun Jabar. Pembinaan atlet ini membangun Jabar dari sisi olahraga. Ke depan tidak hanya simbolis,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …