Gubernur Aher Instruksikan Pemda di Jabar Miliki Akuntan

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Penerapan laporan keuangan pemerintah berbasis akrual di Jawa Barat masih terkendala aspek sumber daya manusia dan aplikasi teknologi. Sejumlah kekurangan itu tergambar pada laporan keuangan semester II 2015 pada 6 daerah di Jabar yakni Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Banjar, Tasikmalaya, Depok, Kabupaten Bogor, dan Bandung.

Badan Pemeriksa Keuangan memeriksa laporan keuangan daerah tersebut sebagai contoh penerapan laporan keuangan berbasis akrual. Hal ini diungkapkan Kepala BPK Perwakilan Jabar Arman Syifa di sela-sela penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK terkait 6 daerah tersebut, di kantor BPK Perwakilan Jabar, Bandung, Senin (9/11).

Acara tersebut dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, dan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail. Arman menjelaskan, pengambilan contoh ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi diberlakukannya sistem laporan keuangan berbasis akrual pada 2016 mendatang.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri 64 Tahun 2013 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual, pemda diwajibakan menyerahkan SAP berbasis akrual,” katanya. Menurut Arman, pemerintah daerah harus serius dan kerja keras dalam menerapkan laporan keuangan berbasis akrual.

Salah satunya harus diwujudkan melalui ketersediaan regulasi, pengelolaan SDM, dan komitmen yang kuat dari kepala daerah terkait laporan tersebut. “BPK menyimpulkan ketersediaan regulasi, komitmen kuat pemerintah, pengelolaan SDM khususnya pengelola keuangan dan IT ini menjadi kunci keberhasilan pemda dalam mengimplementasi laporan berbasis akrual,” katanya seraya menyebut aspek itu menjadi sasaran pemeriksaannya.

Menurut dia, pengambilan contoh pemeriksaan ini pun dilakukan untuk mengetahui kekurangan apa saja yang masih terjadi dalam penerapan laporan keuangan berbasis akrual. Sehingga, nantinya pemerintah daerah dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki.

“Mana yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat disusun sebagaimana mestinya. Sehingga laporan keuangan 2015 disusun baik sesuai standar akuntansi pemerintahan menurut PP 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan,” katanya.

Lebih lanjut dia katakan, pengambilan contoh ini pun dilakukan terhadap 103 pemerintah daerah lainnya di Tanah Air. Selanjutnya, hasil pemeriksaan tersebut akan dipaparkan ke daerah lain sebagai pembelajaran dalam menerapkan laporan berbasis akrual.

“Walau (daerah lain) tidak diperiksa, kami akan menyampaikan hasil laporan entitas ini ke seluruh,” katanya. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengakui, penerapan laporan keuangan berbasis akrual ini lebih sulit.

“Karena bukan hanya aspek keuangan, tapi aspek kinerja juga,” katanya. Heryawan pun berjanji akan berupaya semaksimal mungkin agar penerapan tersebut berjalan baik.

Salah satunya dengan menginstruksikan ke seluruh kabupaten/kota agar memiliki SDM yang mumpuni dalam menyuguhkan laporan keuangan. “Dibuat surat ke kabupaten/kota, semua OPD harus ada petugasnya yang punya kemampuan akuntansi,” katanya.

Bahkan, Heryawan menilai, laporan keuangan tersebut hanya bisa dilakukan oleh seorang akuntan. Sehingga, kata dia, setiap OPD mutlak memilikinya.

“Atau yang dilatih akuntan atau konsultan,” katanya seraya meminta BPK tidak bosan dalam melakukan pendampingan terkait itu. Lebih lanjut Heryawan optimistis kabupaten/kota di Jabar tidak membutuhkan waktu lama dalam mengimplementasikan laporan keuangan yang baik.

Menurut Heryawan, optimismenya ini bukan tanpa alasan. “Mudah-mudahan lancar. Terbukti 2014 lalu baru 5 yang WTP, 2015 kemarin, Juni, sudah 13 kabupaten/kota,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …