Bandung Rawan Bencana, 90 Polisi Siaga

Pohon tumbang timpa sebuah mobil di Bandung (Ramdhani)

Pohon tumbang timpa sebuah mobil di Bandung (Ramdhani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Meteolorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung memperkirakan pada awal bulan November akan mengalami musim pancaroba atau pergantian musim kemarau ke musim hujan.


Dengan begitu, Polrestabes Bandung sudah mengintruksikan kepada seluruh jajaran Polsekta untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pohon tumbang, longsor dan banjir disetiap wilayah masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Palakhar Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Kristiadi Nugroho kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Senin (9/11/2015). Masih dikatakannya, ada beberapa wilayah di Kota Bandung yang rawan bencana saat memasuki musim penghujan, diantaranya, wilayah Cidadap, Coblong, Cibeunying Kidul, dan Cinambo.

“Namun pada intinya, seluruh wilayah di Kota Bandung itu rawan bencana, jikalau terjadi cuaca ekstrim. Bencana yang kerap terjadi saat musim penghujan yaitu pohon tumbang, longsor dan banjir cileuncang,” terang Kristiadi.

Akan tetapi, lanjutnya, pihaknya sudah mengantisipasi jajarannya untuk sigap dalam penanganan bencana disetiap wilayahnya baik bencana longsor, pohon tumbang ataupun banjir cileuncang.

“Kami pun sudah mensiagakan 3 satuan setingkat kompi (SSK) Dalmas atau sebanyak 90 personil untuk disiagakan jikalau terjadi bencana di wilayah hukum Polrestabes Bandung,” terangnya.

Selain itu, lanjut Kristiadi, pihaknya pun telah mengintruksikan kepada seluruh jajaran untuk menyiapkan satu gergaji mesin di setiap mobil patroli Polrestabes dan Patroli Polsekta di seluruh jajaran.

“Mesin gergaji itu untuk antisipasi pohon tumbang di wilayah Kota Bandung, dan jika ada pohon tumbang yang menggangu arus lalin, maka anggota langsung mengevakuasi memotong pohon agar tidak menggangu arus lalin,” terangnya.

Kristiadi pun, meminta pemerintah Kota Bandung untuk tetap menyiapkan gergaji mesin di setiap kantor kecamatan dan agar dinas terkait yaitus dinas pertanaman untuk memangkas pohon-pohon yang sudah tua agar dipangkas, untuk menghindari terjadinya pohon tumbang. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …