Gabung ISIS, Pejabat Batam Diduga Berdalih Umrah

Dwi_Joko_Wiwoho

Dwi_Joko_Wiwoho

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Diduga berdalih umrah, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho dikabarkan bergabung dengan gerakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Menurut catatan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, sekitar 4 bulan lalu Djoko memang mengajukan permohonan pembuatan paspor. Karena prosesnya wajar dan tak ada persoalan, imigrasi pun mengeluarkan paspor untuk pegawai negeri sipil Kementerian Perhubungan itu.

“Karena yang bersangkutan terdaftar dalam pengajuan paspornya betul semua. Waktu membuat visa juga sama. Berarti kan dia mendapat izin dari pemerintah untuk ke luar negeri,” ujar Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi Heru Santoso kepada JawaPos.Com, Sabtu (7/11).

Menurutnya, jika Djoko lantas memiliki tujuan selain umrah di luar negeri, maka itu bukan kewenangan imigrasi lagi. Karenanya imigrasi pun tak merasa kecolongan.

“Secara individu kami tidak pernah merasa kecolongan. Siapapun bisa bikin paspor selama mau ke luar negeri. Kalau mau umroh kita tidak bisa melarang. Selama tidak ada dalam daftar cegah dan tangkap,” katanya.

Heru menambahkan, Ditjen Imigrasi siap bekerja sama dengan aparat penegak hukum seperti Polri, TNI, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terkait masalah Djoko. Namun, kata dia, tindakan selanjutnya merupakan wewenang aparat penegak hukum. “Kalau ada permintaan untuk cegah dan tangkap pasti kita jalani,” tegasnya.

Sebelumnya, Deputi Pencegahan BNPT, Brigjen Polisi Hamidin mengatakan, pihaknya telah mengendus keberadaan Djoko di Irak. “Saya katakan, 85 persen Dwi Djoko terlibat ISIS,” tegasnya.(put/JPG/JPNN)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …