Konflik Sampah Jakarta, Wagub Jabar Siap Jadi Penengah

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku siap menjadi penengah dalam persoalan sampah DKI Jakarta. Seperti diketahui, truk pengangkut sampah dari DKI Jakarta dihadang warga di Bogor karena dianggap mengganggu kenyamanan warga tersebut.


Deddy mengatakan, pihaknya siap membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Terlebih, ini menyangkut kenyamanan warga Jabar.

“DKI dulu mesti ditanya. Bisa-bisa saja kalau diminta,” kata Deddy di Bandung, Selasa (3/11).

Deddy menilai, semua masalah bisa diselaikan dengan duduk bersama. Persoalan sampah ini pun, katanya, bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik.

Deddy pun menyarankan agar konflik ini bisa diselesaikan langsung oleh DKI Jakarta dan Bekasi. Lebih lanjut Deddy menyarankan agar Pemprov DKI Jakarta bisa lebih menyertakan pemerintah daerah mulai dari tokoh desa dan masyarakat.

Terlebih, menurut Deddy, kendaraan pengangkutan sampah yang melewati pemukiman penduduk menjadikan masalah ini semakin pelik. “Kesepakatan harus benar, apakah harus ada jalur khusus,” katanya.

Deddy berharap agar tidak ada masyarakat yang dirugikan. “Pengangkutan tidak merugikan masyarakat. Jangan melewati pemukiman seperti itu. Pengolahannya pun harus benar, apa ditumpuk begitu saja,” pungkasnya. (agp)

Feeds