Dewan: Pilkada di Jabar Optimistis Aman dan Lancar

pilkada serentak

pilkada serentak

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Jawa Barat diyakini akan berjalan aman dan lancar. Gangguan keamanan yang dikhawatirkan sejumlah pihak tidak akan terjadi, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya yang hanya ada 1 pasang calon kepala daerah.


Seperti diketahui, pemerintah pusat menjadikan pilkada serentak di Kabupaten Tasikmalaya sebagai perhatian utama. Pilkada di kota santri ini dianggap memiliki potensi gangguan keamanan karena hanya ada 1 kandidat.

Anggota Komisi I DPRD Jabar, Dedi Hasan Bahtiar, mengatakan, penilaian tersebut sah-sah saja agar menjadi bahan antisipasi dan kewaspadaan bagi aparat keamanan. Namun, menurut Dedi, pilkada di Kabupaten Tasikmalaya akan berjalan aman dan lancar meski hanya diikuti 1 pasang kandidat.

“Tidak rawan, saya yakin baik-baik saja. Sampai saat ini pun aparatur keamanan, polisi, TNI, terus menyiapkan diri. Percayakan pada mereka,” kata Dedi di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Rabu (4/11).

Kendati begitu, Dedi meminta semua unsur di Tasikmalaya untuk memahami pentingnya pelaksanaan pilkada ini. Meski hanya ada 1 pasang calon, tambah Dedi, pelaksanaan pilkada harus jalan terus demi lancarnya roda pemerintahan di daerah tersebut.

“Ini tugas bersama, KPU, aparat, masyarakat, aparat, untuk menyosialisasikan pentingnya pilkada Tasikmalaya. Daripada ditunda, nanti ada kekosongan. Jadi tidak semata-mata ada pengisian, tapi harus ada keberlanjutan dari pembangunan,” bebernya.

Hal ini, lanjut Dedi, harus dimengerti dengan baik ke masyarakat, sehingga antusiasme pemilih terhadap pilkada ini bisa maksimal. “Ini ujian buat parpol untuk meyakinkan pada warga agar memberikan hak pilihnya,” ucapnya.

Dedi menambahkan, sejauh ini persiapan pilkada serentak di Jabar berjalan baik. Selain dari sisi tahapan yang terus berjalan, pilkada di 8 kabupaten/kota di Jabar tidak terkendala faktor biaya.

Menurut Dedi, semua KPU di kabupaten/kota telah menerima anggaran pilkada dari pemerintah setempat. “Tinggal implementasinya, penggunaannya,” katanya.

Selain itu, saat ini pun sudah banyak tahapan pilkada yang dilalui. “Sekarang kan tinggal sebulan lagi. Jadi sudah 90 persen tahapan pelaksanaan pilkada. Ya tinggal mencoblosnya saja,” katanya. (agp)

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …