Hampir 5 Ribu Pelanggar Wilayah Polres Bandung Tak Miliki SIM

Operasi Zebra Polres Bandung

Operasi Zebra Polres Bandung

POJOKBANDUNG.com, KATAPANG–Kabag Ops Satlantas Polres Bandung Iptu Agus Romy mengatakan, dari 10 ribu lebih kendaraan yang terkana tilang Operasi Zebra Polres Bandung, 45 persen diantaranya merupakan pelanggar tak memiliki SIM. Menurutnya, Kabupaten Bandung mempunyai 3,5 juta penduduk, sedangkan pengguna kendaraan mencapai 2,4 juta orang.


“Yang sudah mempunyai SIM baru setengah dari pengguna kendaraan. Penyebabnya ada beberapa unsur,salah satunya kesadaran masyarakat untuk membuat SIM masih rendah, selain itu banyak juga masyarakat yang tidak lulus test pembuatan SIM. Memang masyarakat bisa membeli kendaraan dan sangat mudah, tapi belum tentu mampu menguasai atau mengendarainya,” papar Agus, Selasa (03/11).

Pelanggar terbanyak, lanjut Agus Romy, merupakan kendaraan roda dua. Itu dikarenakan, kebanyakan pengguna jalan saat ini merupakan sepeda motor.

“Memang kebanyakan roda dua, karena pertumbuhannya cukup tinggi. Pertumbuhan kendaraan roda dua mencapai 34-40 persen sementara roda empat hanya 17-20 persen setiap tahunnya,” ungkapnya.

Selain menjaring kendaraan pribadi, operasi Zebra di wilayah Kabupaten Bandung juga menjaring angkutan umum. Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Pehubungan Kabupaten Bandung, Haru Kiatno mengatakan, setidaknya ada 200 angkutan umum yang terkena tilang.

“Untuk angkutan umum, kebanyakan karena habis KIR, mencapai 80 persen,sisanya pelanggaran lain,”ujarnya.

Sementara itu, Dnasub denpom Cimahi, Sersan Mayor Denny mengatyakan, keterlibatan POM dari Denpom Cimahi dalam Operasi Zebra di wilayah Hukum Polres Bandung, untuk membantu Satlantas Polres Bandung dalam menegakan peraturan lalu lintas, khususnya bagi anggota TNI.

“Bisa saja ada anggota TNI yang melanggar lalu lintas, atau bisa saja kan tidak punya SIM atau Pajak kendaraannya habis. Makanya polisi meminta kami untuk membantu supaya kemungkinan adanya anggota TNI yang ugal-ugalan,” tuturnya.

Namun sejauh ini, kata Sersan Mayor Denny belum ditemukan adanya anggota TNI yang terkna tilang dalam Operasi Zebra di wilayah Kabupaten Bandung.

Selain itu, Denpom Cimahi juga menyasar stiker-stiker yang melembangkan satuan TNI dalam kendaraan milik sipil.

“Ada beberapa stiker melambangkan satuan TNI di kendaraan sipil. Kami langsung lepas karena itu ilegal dan mereka tidak berhak menempelkannya,”tandasnya. (mld)

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …