Pembayaran Pajak Reklame Cimahi Kerap Macet

pajak

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dari delapan jenis pajak yang diterapkan di Kota Cimahi, pajak reklame sepanjang tahun masih ada yang macet dalam pembayarannya. Berbagai faktor yang menjadi kendalanya antara lain pemilik reklame yang sudah habis masanya, kerap tidak langsung melaporkan kepada pihak Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Cimahi.


Hal itu disampaikan Sekretaris Dispenda Kota Cimahi, Dadan Darmawan. Ia menjelaskan, sering ditemui klien yang tidak memperpanjang masa tayang, namun iklannya masih terpasang.

Untuk menekan permasalahan tersebut, pihaknya mengaku terus melakukan operasi rutin penertiban. “(Penertiban) itu kami lakukan. terhadap reklame yang tak berizin atau habis masa tayangnya,” ujarnya, Senin (2/11/2015).

Seperti diketahui, selain reklame, delapan jenis pajak yang diterapkan di Kota Cimahi adalah hotel, restoran, hiburan, PPJ, BPHTB, PBB dan parkir.

Untuk informasi, harusnya ada sembilan pajak yang tercatat ditetapkan Kota Cimahi, namun untuk satu pajak yaitu sarang burung walet sampai saat ini belum diterapkan. Dadan mengatakan, meski perdanya sudah ada, namun potensinya belum ada.

Disinggung mengenai hasil pajak terbesar, dikatakan Dadan, berasal dari BPHTB, PBB dan PPJ. “Untuk pajak yang rendah (pemasukannya) adalah hotel dan parkir. Hanya Rp 303 juta untuk hotel, dan parkir Rp 306 juta per tahun,” ujarnya.

“Kecil memang, karena pontensi hotel di Cimahi tidak seperti di Bandung. Pendapatan itu juga terbantu sama apartemen The Edge yang di Baros,” sambungnya.

Kedepan, untuk perluasan pajak, pihakya berupaya menyisir wajib pajak baru, sambil terus meningkatkan pelayanan pajak, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola pajak.

Salah satunya dengan mengoptimalkan layanan berbasis online untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses info dan tentunya melakukan pembayaran.

Untuk realisasi perolehan pajak daerah tahun ini, ia katakan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cimahi, optimis mencapai target.

“realisasi perolehan pajak daerah, hingga Oktober 2015 telah sesuai target, dengan pencapaian hampir 85 persen,” pungkasnya. (bbb)

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …