Gemesnya..Anak TK Permalukan Pelanggar Lalu Lintas

polisi tk

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi melibatkan 10 anak Taman Kanak-kanak (TK) Kreatif Harapan Bangsa dalam Operasi Zebra di Jln. Amir Machmud Kota Cimahi, Rabu (28/10/2015).

 


POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Guna memberikan rasa malu terhadap para pengendara yang melanggar lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi melibatkan 10 anak Taman Kanak-kanak (TK) Kreatif Harapan Bangsa dalam Operasi Zebra di Jln. Amir Machmud Kota Cimahi, Rabu (28/10/2015).

Kapolres Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pihaknya melibatkan anak-anak TK untuk menumbuhkan rasa malu kepada para pengendara yang melanggar peraturan berlalulintas.

“Kami mencoba mengimbau kepada para pelanggar dengan melibatkan anak-anak TK ini, agar tumbuh rasa malu dari para pelanggar tersebut,” ujar Ade disela-sela Operasi Zebra, Rabu (28/10/2015).

Dituturkan Ade, selama gelaran operasi zebra, pihaknya akan menindak tegas kepada para pelanggar lalu lintas. Kendati demikian, pihaknya juga tidak lupa tetap menjunjung tinggi nilai-nilai humanisme.

“Jika memang ada anggota kami yang kurang sopan, kami siap mendapat kritik dari masyarakat. Sebab, kita dalam menindak, anggota semestinya tidak perlu kasar atau memaki,” tuturnya.

Ade menjelaskan, pihaknya telah menjaring sekitar 7.200 pelanggar selama 6 hari digelarnya operasi zebra. Dari jumlah tersebut, sebagian besar didominasi oleh kendaraan roda dua.

“Masih memprihatinkan, karena masih banyak pelanggar yang tidak tertib berlalu lintas, mayoritasnya itu masih kendaraan roda dua,” jelasnya.

Lebih lanjut Ade berharap, masyarakat lebih tertib lagi. Selain itu, para pengendara juga untuk selalu melengkapi surat-surat kendaraannya ketika sedang mengendara di jalan raya.

“Kami harap pengendara ini melengkapi surat surat kendaraannya dan mau tertib berlalu lintas. Karena kebanyakan dari mereka yang terjaring itu tidak melengkapi surat-surat berkendaraannya,” ungkapnya.

Dalam operasi zebra yang melibatkan anak TK tersebut, dengan didampingi oleh petugas Satlantas Polres Cimahi, anak-anak TK tersebut mengacung-acungkan sejumlah tulisan berupa imbauan tentang tata tertib berlalu lintas, seperti Jangan Lupa Bawa Surat-surat Kendaraan dan Sayangi Kepala Anda.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Silfia Sukma Rosa menuturkan, pihaknya sengaja menggandeng anak-anak TK, agar tercipta budaya rasa malu dari para pengemudi ketika melanggar berlalu lintas.

“Untuk mengingatkan masyarakat agar ada budaya malu dengan diingatkan oleh anak-anak TK itu karena telah melakukan pelanggaran,” ujar Silfia.(ham)

Feeds

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …