Puluhan Hektar Hutan Kabupaten Bandung Terbakar

hutan terbakar

ilustrasi hutan terbakar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Puluhan hektar hutan di Kabupaten Bandung terbakar, kencangnya angin membuat upaya pemadaman sulit dilakukan.


Kabid Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung, Cecep Hendrawan, terdapat beberapa titik api di hutan wilayah Kabupaten Bandung, yakni kawasan Kendandan Citaman Kecamatan Nagreg, Gunung Kareumbi Masigit di Kecamatan Cicalengkadan Gungung Rkutak Kecamatan paseh dan Kertasari.

“Di gunung Kareumbi Masigit, hutan pinus seluas 30-40 hektar terbakar dari beberapa pekan lalu, memang sempat padam, tapi karena angin bertiup kencang, api kembali menyala,”tutur Cecep, Selasa (27/10/2015).

Sementara, di gunung Rakutak yang menjdi perbatasan Kecamatan pacet dan Kertasari, hutan seluas 10-25 hektar juga terbakar. Di hutan tersebut, terdapat hutan rakyat dan Pinus.

Kebakaran ketiga terjadi di Kamojang, Kecamatan Ibun, berbatasan dengan Kabupaten Garut. Kurang dari 10 hektare hutan pinus terbakar. Tiga armada pemadam kebakaran dari Indonesia Power, UPTD Pemadam Kebakaran Ciparay dan Cicalengka pun dikerahkan untuk memadamkan api.

“Ketiga titik itu masih menyala. Cuaca panas dan angin besar tidak bersahabat dengan kita, tapi lebih bersahabat dengan api. Akhirnya, api yang sudah padam menyala lagi dan lagi,”ungkapnya.

Menurut Cecep, diduga kebakaran berawal dari lahan warga yang sengaja dibakar untuk pembukaan lahan sebelum ditanam di musim hujan. Namun, Cecep menyerahkan penyelidikan tersebut kepada pihak berwajib.

BPBD Kabupaten Bandung bersiaga dan membantu pemadaman api, terutama yang mendekati kawasan permukiman. BKSDA, Perum Perhutani, Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung, dan instansi lainnya bersama relawan masih berupaya memadamkan api. (mld)

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …