Terbakarnya Inul Vizta Jadi Sorotan Media Dunia

franchise-inul-vista


POJOKBANDUNG.com-Terbakarnya karaoke Inul Vizta di Manado Sulawesi Utara, bukan saja menjadi berita nasional. Sejumlah media ternama dunia pun ikut memberitakan kebakaran yang menewaskan 20 orang  dan melukai 70 pengunjung itu.

BBC, kantor berita yang  berbasis di Inggris menulis dengan judul “Indonesia fire: Sulawesi karaoke parlour blaze kills 12”. Pun demikian  portal berita ternama Amerika Serikat usatoday.com yang  memberitakan kisah duka itu. Sedangkan  AFP, Channelnewsasia.com dan themalaymailonline.com yang memberitakan dengan judul yaitu “Indonesian karaoke bar blaze kills 12, injures dozens”.

Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat  korsleting listrik dan akses jalan keluar yang hanya satu sehingga menyulitkan pengunjung untuk keluar menyelamatkan diri.

Kebakaran maut ini terjadi Minggu (25/10/2015) pukul 01.00 WITA. Polisi menduga kebakaran ini karena korsleting listrik. Berdasarkan keterangan saksi, api pertama kali terlihat di lorong di lantai 2.

Api itu menimbulkan asap pekat yang menyelimuti seluruh ruangan. Pengunjung yang panik berlarian untuk menyelamatkan diri, namun sayangnya asap dan listrik mati membuat suasana kacau. Pengunjung yang sesak napas dan terjebak di dalam ruangan tak bisa menyelamatkan diri hingga akhirnya tewas. Bahkan ada pengunjung di lantai 3 yang melompat dari jendela dengan menggunakan kain gorden agar bisa selamat.

Polisi sudah memeriksa saksi-saksi di kasus ini. Mereka di antaranya dua karyawan yang pertama kali melihat api dan manajer karaoke. (tim/dc)

Feeds