Proyek RSUD Cikalong Wetan Masih Kurang Rp 100 M

RSUD Cikalong Wetan

RSUD Cikalong Wetan

POJOKBANDUNG.com, KBB-Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat saat ini masih kekurangan dana hampir Rp 100 miliar. Dari total kebutuhan dana Rp 130 miliar, saat ini dana yang tersedia baru Rp 30 miliar dari APBD provinsi dan Rp 1 miliar dari APBD kabupaten.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Pupu Sari Rohayati mengungkapkan, kebutuhan dana untuk pembangunan RSUD tipe C tersebut memang sangat besar, yakni mencapai Rp 130 miliar. Hal itu untuk mendukung sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas rumah sakit.

“Kekurangan dananya memang masih banyak, tetapi berbagai proses tengah dilakukan. Kami juga sedang bernegosiasi lagi dengan Pemprov Jabar agar bisa membantu dana lebih banyak untuk pembangunan RSUD Cikalongwetan,” kata Pupu kepada wartawan, Rabu (21/10).

Dari total kebutuhan Rp 130 miliar, dia menuturkan, sebanyak Rp 102 miliar di antaranya akan digunakan untuk pembangunan fisik. Sementara sisanya untuk pembelian alat kesehatan.

Rencananya, RSUD Cikalongwetan dengan tipe C itu akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektare. Sementara luas bangunannya sekitar 3.000 meter persegi dan terdiri atas dua lantai.

Selain menggunakan dana yang sudah ada, lanjut Pupu, Pemkab Bandung Barat juga berupaya mengajukan tambahan dana dari APBN. “Untuk dana dari APBN sedang kita coba ajukan. Prosesnya sudah dilakukan. Selain itu, kami juga berharap ada tambahan dana di APBD Perubahan,” ujarnya.

Meski demikian, Pupu mengungkapkan, pembangunan RSUD Cikalongwetan akan dimulai pada Desember nanti. Rencananya, pembangunan RSUD tersebut berlangsung dalam tahun jamak hingga 2017 nanti.

“Peletakan batu pertamanya akan dilakukan Desember nanti. Ini akan kami sosialisasikan juga ke masyarakat setempat,” tuturnya.

Pembangunan RSUD Cikalongwetan, lanjut dia, merupakan upaya Pemkab Bandung Barat untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini, Pemkab Bandung Barat telah memiliki dua RSUD, yakni RSUD Cililin dan RSUD Lembang.

Selain membangun rumah sakit, Pemkab juga tengah merenovasi 4 puskesmas, yaitu Puskesmas Padalarang, Jayamekar (Padalarang), Pasirlangu (Cisarua), dan Sumurbandung (Cililin). Selain itu, satu puskesmas baru kini tengah dibangun di Cikalongwetan.

Pembangunan dan renovasi sejumlah puskesmas tersebut rata-rata menelan dana Rp 800 juta. Semua bangunan puskesmas nantinya akan memiliki dua lantai, termasuk penambahan 1 ruang rawat inap di Puskesmas Padalarang yang akan ditingkatkan menjadi DTP. (bie)

Feeds