Manchester On Fire

Wayne+Rooney+Swansea+City+v+Manchester+United+dN6uh2GCGrLx - Copy

Wayne Rooney

POJOKBANDUNG.com, MOSKWA – Kepercayaan diri dan semangat para pemain Manchester United sedang membara. Berbekal kemenangan 3-0 dari Everton, akhir pekan lalu, United bertekad melanjutkan trend positif itu saat menghadapi tuan rumah CSKA Moskwa di ajang Liga Champions. Misi ini terbilang sangat sulit. Pasalnya, musim ini, CSKA belum sekalipun menelan kekalahan di kandang sendiri.


”Kami mengoleksi tiga poin setelah dua laga awal, jadi laga di Moskwa akan sangat penting. Mengalahkan mereka akan memberi kami momentum menghadapi tiga laga berikutnya,” kata gelandang MU Juan Mata seperti dilansir Four Four Two, Selasa (20/10/2015) malam.

”Saya tahu bahwa Antonio Valencia merupakan pemain yang mencetak gol kemenangan untuk MU saat terakhir kali kami mengunjungi CSKA. Maka, saya meminta kepadanya rahasia untuk mengalahkan CSKA karena musim ini mereka belum pernah kalah di kandang sendiri, baik di fase grup maupun di babak sebelumnya,” imbuh Mata.

CSKA yang bermain sejak pra kualifikasi Liga Champions memang belum pernah merasakan kekalahan di kandang sendiri. Mereka mencatat satu hasil imbang dan dua kemenangan dalam tiga laga terakhir di Arena Khimki. Salah satu kemenangan itu diraih saat menggebuk raksasa Belanda PSV Eindhoven dengan skor 3-2, awal Oktober lalu.

Di liga domestik, performa CSKA juga sangat menjanjikan dengan mencatat rekor tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan. Teranyar CSKA mengalahkan Ural 3-2 di Liga Primer Rusia. Namun pelatih Leonid Slutsky tak puas dengan performa yang diperlihatkan anak asuhnya.

Slutsky yang juga merangkap sebagai pelatih timnas Rusia sejak Agustus lalu, mengkritik timnya yang gagal mengendalikan permainan. Dan kini, masalah semakin bertambah karena dirinya dipastikan tak bisa menurunkan bek berpengalaman Vasili Berezutski yang mengalami cedera. Gelandang Bibras Natkho juga belum bisa dipastikan turun melawan MU. Padahal, Natkho sudah mencetak dua gol di liga domestik musim ini.

Situasi itu bertolak belakang dengan Manchester United. Selain Luke Shaw yang memang harus absen cukup lama, Louis van Gaal tak memiliki masalah dengan para pemain pentingnya. Juan Mata, Morgan Schneiderlin, Ander Herrera, dan Wayne Rooney dalam kondisi bugar. Tiga nama terakhir bahkan menjadi pencetak gol kemenangan MU saat mempermalukan Everton 3-0.

Performa apik yang diperagakan Schneiderlin, Herrera dan Rooney itu membuat Van Gaal enggan mengambil resiko dengan melakukan perubahan besar. Dia puas dengan susunan timnya saat mengalahkan Everton, terutama dengan Rooney yang semakin mampu beradaptasi sebagai second striker di belakang Anthony Martial.

”Mungkin ini (kemenangan dari Everton) adalah awal dari kemenangan-kemenangan lain di masa depan. Saya tidak bodoh, saya tak akan melakukan banyak perubahan untuk saat menghadapi CSKA,” kata Van Gaal.

Berbekal kesiapan itu, United berpeluang besar mengakhiri kejayaan CSKA di kandang sendiri. Apalagi, The Red Devils memiliki catatan sangat positif setiap bertemu dengan CSKA. Dalam lima pertemuan terakhir, United berhasil melesakkan 23 gol ke gawang CSKA. (ish)

Feeds