Pecandu Narkoba Jangan Takut Melapor ke BNN

pengguna-narkoba

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bandung terus berupaya mengumpulkan pecandu narkoba untuk direhabilitasi. Sejauh ini sudah 400 pecandu narkoba yang mengikuti program rehabilitasi yang dilakukan lembaga di bawah pimpinan Irjen Pol Budi Waseso itu.


“Itu merupakan jumlah pecandu yang sudah ikut rehabilitasi dan tercatat dari awal tahun sampai Oktober ini,” ujar Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Yeni Siti Saodah, Selasa (20/15/10).

Yeni mengatakan, target BNN Kota Bandung pada program yang dibiayai BNN itu mencapai 750 orang. Program itu berlangsung hingga Desember nanti. “Dari total yang direhabilitasi itu datang dengan sukarela dan melaporkan diri sebagai pecandu yang ingin sembuh,” ujar Yeni.

Diakui Yeni jika masih banyak pecandu yang merasa takut untuk melaporkan dirinya ke BNN. Pihaknya pun melakukan upaya penjangkauan untuk mencari pecandu narkoba yang belum direhabilitasi.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan melibatkan sejumlah pihak untuk membantu program ini. Seperti ke intansi pemerintah, komunitas mantan pecandu, organisasi massa, dan lainnya,” kata Yeni.

Diyakini jumlah pecandu narkoba di Kota Bandung cukup banyak jika dilihat dari jumlah kasus yang ditangani Satresnarkoba Polrestabes Bandung. Pada 2014, jumlah kasus yang ditangani mencapai sekitar 480 kasus. Kebanyakan penyalahguna narkoba ini berusia antara 15 tahun sampai 59 tahun.

“Tingginya kasus penyalahgunaan narkoba ini juga dipengaruhi maraknya tempat hiburan, kost, dan apartemen. Kami pun terus rutin menggelar operasi ke tempat-tempat tersebut,” ujar Yeni. (cesar)

Feeds