Buruh Inginkan Kosmetik dan Pulsa Masuk Item KHL

FT-Buruh

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Buruh inginkan kosmetik dan pulsa masuk ke item yang disurvei saat penentuan kebutuhan hidup layak (KHL).


“Tapi itu baru tuntutan, belum bisa dilegalkan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bandung Herry M.Djauhari, kepada wartawan Senin (19/10/2015).

Herry mengatakan, hingga saat ini, di Kota Bandung masih menggunakan Permenaker No 12 Tahun 2013 tentang KHL, yang mencantumkan 60 item untuk survey KHL. Ke 60 item tersebut diantaranya, sandang, pangan dan papap.

Kota Bandung sendiri sudah melakukan survey untuk menentukan KHL. Hasil surveynya, kini tengah digodok oleh badan Pusat statistik (BPS). Untuk kemudian dirapatkan dengan dewan pengupahan.

“Mudah-mudahan, minggu depan sudah ada hasilnya, berapa persen kenaikan KHL di Kota Bandung,” tambahnya.

Bicara mengenai fasilitas yang diberikan Pemkot Bandung untuk para pekerja, seperti bus angkutan karyawan, dan rumah susun untuk karyawan, menurut Herry itu merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Pemkot Bandung.

“Karena memang masalah transportasi dan pangan, merupakan dua item yang kenaikan nya sangat signifikan,” terangnya.

Namun, ke depan penentuan KHL akan dilakukan oleh pemerintah pusat. Meski diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Herry M. Djauhari mengatakan, Kota Bandung belum menentukan sikap. “Ya kita belum menentukan sikap. Mungkin karena belum tersosialisasikan,” aku Herry.

Di kota lain, lanjut Herry, memang ada penolakan karena memang KHL di setiap kota berbeda. Dikarenakan, meski item yang disurvey sama, namun harga di setiap kota berbeda.
“Sehingga KHL juga berbeda,” terangnya.

Kenaikan KHL di Kota Bandung, sampai sekarang belum bisa diketahui, karena masih dihitung kemungkinan kenaikannya, berdasarkan hasil survey yang baru-baru ini dilakukan Pemkot Bandung.

“Mungkin akan ada kenaikan, tapi berapa kenaikannya belum bisa ditenukan,” tegasnya. (atty)

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …