Pohon Ber-KTP Bisa Diakses Masyarakat

Semua data pohon yang sudah memiliki KTP nantinya akan terkoneksi dengan aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat.

Semua data pohon yang sudah memiliki KTP nantinya akan terkoneksi dengan aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distankam) Kota Bandung mengungkapkan semua data pohon yang sudah memiliki KTP nantinya akan terkoneksi dengan aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat. “Itu juga bisa membantu kita, jika ternyata ada pohon yang terlihat sehat, namun ada penyakitnya,” kata Kepala Distankam Kota Bandung Arif Prasetya Kamis (15/10/2015).


Menurut dia, ini bisa terjadi, jika ada pohon yang secara kasat mata, dari atas nampak baik. Namun di bagian akarnya ternyata tidak kuat. “Kalau ada yang seperti itu, kita pangkas pohon bagian atasnya,” katanya.

Halnya dengan ganti rugi kepada warga masyarakat yang menderita kerugian akibat pohon tumbang, Arif mengatakan, hingga saat ini tidak ada kode rekening di dinas yang dipimpinnya. “Untuk sementara kami belum bisa melakukan ganti rugi,” katanya.

Meski demikian, Arif melakukan konsultasi dan studi banding ke beberapa tempat. Menurut Petunjuk Kementerian Dalam Negeri, lanjut Arif, menyarankan untuk menggunakan dana penanggulangan bencana.

“Namun untuk mencairkan dana bencana sosial, memerlukan prosedur dan waktu yang tidaksebentar, karena harus meminta persetujuan dewan,” paparnya.

Sedangkan saran dari Pemerinta DKI Jakarta, lanju Arif, menyarankan agar menggunakan sistem asuransi. (atty)

Feeds