Kapolres Cek Senpi Anggota

Kapolres mengecek kelengkapan senpi anggotanya.

Kapolres Cimahi sedang mengecek kelayakan senpi anggotanya.

POJOKBANDUNG.ID, CIMAHI – Kapolres Cimahi melakukan pengecekan kelayakan senjata api (senpi) yang dipegang anggotanya di halaman Mapolres Cimahi Jln. Amir Machmud Kota Cimahi, Selasa (6/10). Selain untuk memastikan kelayakan fisik senjata, pengecekan tersebut juga untuk mengetahui para anggotanya memiki izin secara institusi atau tidak.
Kapolres Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi, menuturkan, pengecakan senpi ini merupakan salah satu bentuk pembinaan untuk mengetahui kecocokan data terhadap pemilik senpi tersebut. “Hasil pemeriksaan terdapat 40 dari total 660 pucuk senjata yang kartu izin pemilikannya belum diperpanjang,” ujarnya disela-sela pengecekan senpi di Mapolres Cimahi, Kemarin.
Ade mengatakan, selain untuk memastikan kelayakan fisik senjata, pengecekan tersebut juga untuk mengetahui para anggotanya memiki izin secara institusi atau tidak.
“Kita ingin tahu apakah senpi yang dipegang anggota secara fisik masih cocok dengan yang di data atau tidak. Selain itu juga, akan diketahui apakah anggota yang memegang senpi memegang izin secara institusi atau tidak,” katanya.
Menurutnya, tiap anggota harus memenuhi persyaratan dalam memegang senpi. Apabila tidak memiliki persyaratan tersebut, dikhawatirkan malah akan menjadi beban nantinya. “Takutnya malah menjadi bebam kalau tidak memenuhi persyaratannya. Maka kalau tidak memenuhi syarat, tidak diperbolehkan memegang senjata,” ucapnya.
Untuk pemegang senpi yang izinnya belum diperpanjang, tambah Ade, kemungkinan anggotanya belum sempat untuk mengurusnya.
“Kemungkinan anggota tersebut belum sempat mengurusnya. Mungkin karena jauh, jadi anggota tersebut belum sempat memperpanjang masa kartu pas senpinya. Ketika nanti sudah diperpanjang, senjata akan diberikan lagi,” tambahnya.
Lebih lanjut Ade mengatakan, pengecekan senpi ini akan dilakukan terus secara berskala. Bahkan, Polsek-polsek pun melakukan hal yang sama. “Pengecekan juga dilakukan dilakukan kasat atau kanit kepada para anggotanya,” ungkapnya.


Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …