Awas Tembok Sangkuriang Rawan Ambruk

MENINJAU : Anggota Dewan DPRD Kota Cimahi mendatangi Lapangan Sangkuriang di Gg. Cisangkan Girang RT 02 RW 10 Kel. Padasuka Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (5/10/2015). Kedatangan dewan tersebut untuk mengecek kondisi retaknya tembok stadion yang dikhawatirkan ambruk menimpa warga.

MENINJAU : Anggota Dewan DPRD Kota Cimahi mendatangi Lapangan Sangkuriang di Gg. Cisangkan Girang RT 02 RW 10 Kel. Padasuka Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (5/10/2015). Kedatangan dewan tersebut untuk mengecek kondisi retaknya tembok stadion yang dikhawatirkan ambruk menimpa warga.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Anggota Dewan DPRD Kota Cimahi mendatangi Lapangan Sangkuriang di Gg. Cisangkan Girang RT 02 RW 10 Kel. Padasuka Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (5/10/2015). Kedatangan anggota dewan tersebut merupakan tindak lanjut dari keluhan warga terkait keretakan pada tembok stadion sangkuriang yang dikhawatirkan ambruk.


Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi, Enang Sahri menuturkan, kondisi tembok memang sudah miring. Terlebih banyak masyarakat yang berlalu lalang di sepanjang jalan tersebut jelas sangat membahayakan. “Sangat disayangkan kalau menunggu sampai ambruk. Dengan benteng sebesar ini kalau ambruk ketika ada orang sedang lewat atau anak kecil pasti akan membahayakan,” ujarnya, Senin (6/10/2015).

Enang mengatakan, terkait hal tersebut pihaknya berharap ada perhatian dari pemerintah kota untuk segera diselesaikan. Saat ini, pengelolaan lapangan tersebut milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Cimahi.

“Di sisi lain memang pengelolaan sudah diserahkan kepada BUMD, tapi di sisi lain juga BUMD tidak diberikan biaya untuk pemeliharaan lapangan ini,” tuturnya.

Dijelaskan Enang, lapangan sangkuriang merupakan salah satu sarana olahraga kebanggaan milik Cimahi. Semestinya, lapangan tersebut dikembalikan kepada Pemerintah Kota Cimahi agar bisa terpelihara.

“Sudah hampir empat tahun semenjak tahun 2012 dikelola oleh BUMD masih tidak ada penyelesaian saja. Tapi kalau diserahkan kembali ke Pemkot, maka anggaran bisa dari APBD,” jelasnya.

Lebih lanjut Enang mengatakan, pemerintah kota melalui kementrian olahraga menyebutkan bahwa stadion-stadion yang memiliki nilai sejarah lebih didahulukan dalam pemeliharaannya. “Lebih baik lapangan ini dikembalikan ke pemkot agar terpelihara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Cimahi, Edy Sofyan menuturkan bahwa BUMD telah mengajukan permohonan anggaran. Saat itu, rencananya akan dibuat untuk sport mall.

“Namun sport mall itu tidak tahu seperti apa karena belum disosialisasikan. Selain itu, banyak warga juga yang menolak rencana tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini lapangan sangkuriang perlu segera dikakukan perbaikan. Untuk mencegah agar tidak ambruk menimpa warga. “Ya segera diperbaiki dulu saja sementara supaya jangan roboh, karena banyak warga yang lewat siang maupun malam disini,” ungkapnya.

(RadarBandung/ham)

Feeds