Peserta IOXC Tewas Saat Beraksi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, DAYEUHKOLOT –  Seorang peserta Indonesian Open X Sports Championship (IOXC) tewas akibat kecelakaan saat beraksi dalam kejuaraan speda BMX tersebut, Sabtu (3/10/2015) lalu.


Pembina Bandung BMX, Asep Tubagus mengatakan Muhammad Taufan Munggaran ,17, meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit beberapa saat setelah kejadian.

Diceritakannya, peristiwa memilikan tersebut terjadi pada Sabtu (3/10/2015) lalu sekitar pukul 16.30, saat itu Taufan sedang melakukan sejumlah trik dalam lomba yang digelar di Telkom university tersebut.

“Almarhum memperagarakan berbagai trik dengan mulus, tapi saat melakukan No Hander (melayang dengan menempelkan stang di perut sambil merentangkan tangan) dia terjatuh,”tutur Asep, Minggu (4/10/2015).

Diduga Taufan terlalu lama menikmati trik berbahaya tersebut. Sata melayang sebenarnya dia telah menggapai stang speda, namun saat landing ban belakangnya menghantam arena, akibatnya dia terjatuh dan dadanya menghantam stang. “Dia sempat berdiri dan menarik sepedanya, tapi kemudian terjatuh lagi,” katanya.

Di lokasi kejadian, taufan sempat ditanganioleh tim medis yang tersedia,karena kritis dia dibawa ke RS Muhammadiyah. Dalam perjalanan, rider BMX asal Bandung tersebut meninggal dunia.

Dalam pertandingan tersebut, katanya, Taufan sudah mengikuti prosedur pengamanan yang sangat ketat. Bahkan, dia memakai helm full face, saat pesepeda lain merasa keberatan memakai helm yang menutup wajah tersebut. “Sebelum pertandingan, dia update status kalau ia ingin melepaskan beban-beban,” katanya.

Komunitas dan organisasi BMX yang diikuti Taufan, katanya, menyumbang sebagai ungkapan bela sungkawa kepada keluarga Taufan. Almarhum pun dimakamkan Minggu (4/10/2015) pagi di dekat rumahnya di Jalan Kebongedang, Kota Bandung.

“Kami sangat kehilangan sosok muda yang bersemangat. Park atau arena untuk pertandingan kali ini akan didedikasikan atas nama Taufan. Dia saat itu sedang mengikuti kualifikasi pertandingan,” katanya.

Indonesia Open X Sports Championship (IOXC) di Convention Hall Telkom University merupakan event internasional yang diikuti berbagai negara di dunia, di antaranya Malaysia, Kanada, Thailand, Perancis, dan Hongaria.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2000 ini diikuti 26 peserta BMX cabang flat line dan 76 peserta BMX Park. Selain itu, diikuti juga peserta cabang skateboard. Kegiatan dilaksanakan sejak Jumat (2/10/2015).

(RadarBandung/mld)

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …