‘Beberes Bandung’, Para ‘Hantu’ Bandung Ikut Ngepel Trotoar

NGEPEL: Agus Barwok, mengenakan kostum nenek sihir sedang ngepel trotoar di Jalan Asia-Afrika, Minggu (12/8/2018).  Foto : FIDHIAH/ RADAR BANDUNG )

NGEPEL: Agus Barwok, mengenakan kostum nenek sihir sedang ngepel trotoar di Jalan Asia-Afrika, Minggu (12/8/2018). Foto : FIDHIAH/ RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peristiwa unik dan menarik terjadi saat kegiatan ‘Beberes Bandung’. Sejumlah ‘hantu’ yang kerap ‘mangkal’ di Jalan jalan Asia-Afrika, ikut ngepel dan membersihkan trotoar di sepanjang jalan bersejarah itu.

Beberapa orang berkarakter atau berkostum hantu tersebut nampak gesit ngepel trotoar menggunakan alat sederhana. Tak hanya itu, mereka juga tampak senang bisa berkontribusi membantu Pemkot Bandung dalam menjaga lingkungan.

“Ini merupakan tanggung jawab kami sebagai warga Bandung,” ucap Agus Barwok, yang sehari-hari mengenakan kostum nenek sihir saat ditemui usai ikut dalam kegiatan Beberes Bandung, Minggu (12/8/2018).

Agus bersama teman-temannya ‘hantu’ lainnya sengaja turun ke jalan lantaran merasa memiliki kewajiban menjaga lingkungan. Dia mengaku, tak ada paksaan saat mengukuti kegiatan Beberes Bandung.

“Bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami tidak dipakasa, melainkan keinginan diri pribadi,” tuturnya.

Agus mengatakan, dari 50 anggota Comjurig Asia-Afrika setidaknya ada 15 orang yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia dan teman-temannya mengaku kegiatan Beberes Bandung adalah kegiatan yang baru.

“Sebelumnya paling sebatas bakti sosial. Semoga saja ini menjadi kebiasaan kami dan warga Bandung lainnya agar bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali,” papar Agus.

Sehari sebelumnya, Comjurig Asia-Afrika melakukan kegiatan tanam bunga. Para hantu itu mengganti pot-pot lama dengan pot dan tanaman yang baru. Kegiatan itu dilakukan mulai dari traffic light Jalan Lengkong sampai Asia Afrika.

“Kemarin kami tanam pohon. Mungkin kedepannya akan ada aksi bebersih dan bebenah lainnya,” tutup Agus seraya tersenyum.

(fid)

loading...

Feeds