Iwa Karniwa Beri Sertifikat Halal untuk 220 IKM

Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa

Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan pada 2020 bisa menjadi provinsi halal yang bisa diakui internasional.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya bersama MUI dan Kadisperindag Jabar telah memberikan sertifikasi halal pada 220 industri kecil menengah (IKM).

“Membuka dan memberikan apresiasi ke 220 industri kecil dan menengah (IKM) se-Jawa Barat dengan memberikan bantuan biaya sertifikat halal supaya IKM Jabar terjamin halal produksinya sehingga meningkat usahanya,” ucap Iwa, Jumat (10/8).

Iwa menilai, sertifikat halal itu sangat penting bagi IKM untuk menumbuhkan kepecayaan masyarakat terhadap produk yang dibuat mereka.

Saat ini pun, lanjut Iwa, baru 14 Kabupaten/Kota di Jabar yang menjadi Kabputen/Kota halal. Perhatian Pemprov Jabar dan Pemda pada IKM untuk menyertifikasi produknya, cukup bagus.

“Perhatian Pemda memang luar biasa. Bahkan Pemprov Jabar mengeluarkan Perda No 10/2014 yang mengatur tentang sertifikat halal,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bekerja sama dengan MUI Jabar sangat konsen untuk sertifikasi halal.

Kegiatan sertifikatsi halal bagi IKM yang sudah dikeluarkan MUI Jawa Barat, yang difasilitasi Pemerintah Provinsi, kabupaten/kota dan umum/ mandiri dari tahun 2010 hingga 2018 mencapai 13.673 sertifikat.

(nie/rmoljabar/pojokbandung)

 

loading...

Feeds