Rindu Suasana Alami? Jalan-jalan ke Situ Cileunca Yuk

Situ Cileunca, Kabupaten Bandung. Foto:  Hakim Baihaqi/Radar Bandung

Situ Cileunca, Kabupaten Bandung. Foto: Hakim Baihaqi/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Situ Cileunca menjadi objek wisata alam yang belum terlalu banyak dijamah wisatawan. Padahal, situ ini memiliki daya tarik alami yang cocok untuk berakhir pekan baik dengan keluarga maupun pasangan.

Pengelola wisata Situ Cileunca, Wiyan Hendrani, mengatakan selain menawarkan keindahan alam, kawasan wisata ini juga dilengkapi fasilitas perahu untuk mengelilingi situ, outbound, paint ball, rafting (arum jeram), pujasera, bungalow, MCK dan mushola.

“Semua itu disediakan guna kenyamanan masyarakat atau wisatawan,” kata Wiyan Hendrani.

Baca Juga:

Selfie di Rumah Seram “Pengabdi Setan” Pangalengan Yuk! tapi, Jaga Ucapan Ya

Kembangkan Wisata, Skywalk di Hutan Ciwidey Segera Dibangun

Kendati demikian, Situ Cileunca dengan luas 181 hektar itu masih memiliki sejumlah keterbatasan. Antara lain masih minimnya fasilitas penginapan. Sebab, di kawasan ini hanya ada dua bungalow.

“Permasalahan kami hanya memiliki dua bungalow saja, itu pun hanya untuk dua keluarga,” ujarnya.

Jelang akhir 2017, objek wisata di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, itu belum mengalami lonjakan pengunjung. Dari awal musim kemarau hingga musim penghujan saat ini jumlah pengunjung berkisar 300-an orang per hari.

Salah satu alasan mengapa obyek wisata Situ Cileunca belum ramai dikunjungi wisatawan, menurut Wiyan, karena musim hujan yang melanda akhir-akhir ini.

“Dari awal bulan hingga saat ini pengunjung tidak lebih dari 300 orang di akhir pekan,” kata Wiyan.

Wiyan mengatakan, sebagian besar pengunjung berasal dari luar Kabupaten Bandung.

“Selain akhir pekan, pengunjug memadati Situ Cileunca pada hari besar seperti Idul Fitri, hari Natal dan Tahun Baru dan itu bisa mencapai 1.000 orang dalam satu hari,” ujarnya.

(kim)

loading...

Feeds