Ini 6 Fakta Menarik Gerhana Bulan 28 Juli 2018, No 4 Bikin Deg-Degan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, – Indonesia sebantar lagi akan kehadiran fenomena angkasa gerhana bulan. Fenomena seperti ini selalu menjadi perhatian. Pada tahun ini ada prediksi besar bahwa akan terjadi gerhana bulan total, atau sering disebut Super Blood Moon.

Menurut Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah, fenomena gerhana ini akan berlangsung pada Sabtu 28 Juli 2018.

Menariknya lagi, fenomena gerhana bulan tau blood moon yang akan terjadi tanggal 28 Juli nanti ini bisa kamu lihat di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, ada perkirakan bahwa fenomena Super Blood Moon tahun ini dianggap paling lama terjadi karena sekita 103 menit.

Meski demikian, ada beberapa masyarakat yang percaya mitos saat terjadinya gerhana bulan 2018 ini.

Apakah kepercayaanb fenomena ini bisa dipercaya atau hanya mitos belaka? Melansir dari laman Vemale, berikut beberapa fakta unik soal Si Super Blood Moon serta dampaknya bagi tubuh berikut ini.

1. Tak Membahayakan Mata

Ternyata menutur fakta, menonton gerhana bulan tidak memberikan dampak berbahaya bagi mata, sedangkan gerhana matahari ternyata yang bisa berefek pada kerusakan sementara pada retina mata.

2. Tak Berdampak Bahaya Bagi Ibu Hamil

Menurut literatur Allopathy, tidak ada dampak bahaya gerhana bulan bagi ibu hamil. Jadi mereka bisa aman untuk menyaksikan gerhana bulan.

3. Mitos Bayi Cacat Ketika Melahirkan Saat Gerhana Bulan

Jangan percaya jika ada yang menyebutkan teori ilmiah tentan melahirkan saat gerhana bulan bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat.

4. Dampak Kesehatan Mental

Gerhanaa bulan sering dikaitkan dengan dampaknya bagi kesehatan mental, namun ternyata gerhana bulan bisa mempengaruhi mood seseorang. Hal ini akan terjadi karena tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik saat gelombang air laut yang lebih tinggi dari biasanya.

5. Jumlah Nyamuk Semakin Banyak

Biasanya jumlah nyamuk akan semakin banyak pada saat fenomena ini. Peneliti menyebutkan ada jenis nyamuk yang bisa bertambah pada waktu tersebut adalah Aedes, Anopheles, Culex, dan Psorophora.

6. Bulan Tak Seterang Biasanya

Terakhir, hal yang paling berbahaya dari gerhana bulan adalah bulan tidak bersinar seterang biasanya. Jadi untuk kamu yang memilih berkendara saat fenomena ini berlangsung ada baiknya lebih berhati-hati karena suasana di sekitar menjadi lebih gelap.

Melansir dari catatan BMKG, kamu bisa mulai melihatnya gerhana ini dari pukul 02.30 WIB sampai 04.14 WIB.

(hal/pojoksatu)

loading...

Feeds