Pembangunan Tol Cigatas Direalisasikan Tahun Depan

Bandung  Pangandaran Dapat Ditempuh 2 Jam dengan Tol Cigatas. Foto Ilustrasi

Bandung Pangandaran Dapat Ditempuh 2 Jam dengan Tol Cigatas. Foto Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) terus mengalami perkembangan. Sejauh ini, Pj Gubernur Jabar, M. Iriawan sudah melakukan pertemuan dengan Kementerian Pekerjaan Umum terkait rencana pembangunan tersebut.

“Kami sudah bicara. Intinya segera dilakukan pengembangan yang maksimal. ini MPC sudah dibuat studinya” ungkap Iriawan saat di temui di Festival Ternak Jabar di Lapangan Dadah, Jalan Dadaha, Tasikmalaya, Kamis (19/7/2018).

Pembangunan tol kemungkinan besar akan terealisasi tahun depan. Alasannya, kata Iriawan, anggaran yang digunakan bersumber dari pemerintah pusat. Kendati demikian setelah pembangunan jalan tol dapat terealisasi dan rampung maka Indonesia akan memiliki jalan tol dengan terowongan sepanjang 500 kilometer.

“InsyaAllah mungkin tahun depan kita akan mulai. Tapi kita nunggu dari pusat sebab anggaranya cukup besar karena spesifik jalur yang harus ditempuhnya,” jelasnya.

Meski begitu, Iriawan menyebut, rencana pembangunan jalan tol yang diklaim dapat mendongkrak ekonomi itu masih menemui kendala yakni penolakan dari warga terdampak. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemprov Jabar mengaku akan melakukan komunikasi yang baik.

“Saya kira kalo komunikasi baik pasti berjalan lancar. Bagaimana penggantian lahan yang harus diganti. Harga tanah naik, kesejahteraan jadi meningkat, pergeseran ekonomi juga jadi cepat,” pungkasnya.

(job/Husna)

loading...

Feeds