M.Iriawan Ajak Warga Jabar Kurangi Penggunaan Plastik

Pj Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan  bersama para kepala dinas LH usai acara. Foto: ayu septiani/job10/pojokbandung.

Pj Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan bersama para kepala dinas LH usai acara. Foto: ayu septiani/job10/pojokbandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Membuang sampah tidak pada tempatnya merupakan hal sering dilakukan oleh orang Indonesia khususnya. Dari data yang ada, 8,3 juta ton sampah plastik yang ada di dunia sejak tahun 1950 sampai sekarang 2018.

Kebiasaan ini harus dimusnahkan dengan cara perlahan-lahan ketika belanja ke pasar dengan membawa tas sendiri sehingga dapat mengurangi sampah plastik di daerah kita khususnya, karena sampai sekarang sampah plastik di indonesia mencapai 10,7 juta per hari.

“Nenek saya ketika mau ke pasar membawa tas sendiri yang terbuat dari rotan dan ketika pulang dari pasar tidak pernah membawa plastik, kenapa tidak begitu lagi pada zaman sekarang?,”ujar Pj Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan, Rabu (18/7/2018).

”Sampah yang berserakan itu bisa kita jadikan uang jika kita bisa melihatnya dengan jeli dan memanfaatkannya dengan baik khususnya sampah plastik, maka kita sebisa mungkin harus bisa meminimalisir pemakaian plastik,” sambung Iriawan.

Iriawan menambahkan, untuk di Kabupaten Ciamis mengendalikan sampah plastik disana menggerakan bank-bank sampah.

”Itu adalah salah satu organisasi yang dalam kesehariannya para anggota itu  memungut sampah dari rumah, dan disitumemilah-milih serta langsung dikelola dengan mesin khusus untuk menjadikan sampah plastik itu tenjadi biji-biji plastik. Sehingga plastik yang terbuang mempunyai nilai ekonomis,” pungkas Iriawan.

(dede s/job14/ayu s/job10/pojokbandung)

 

loading...

Feeds