Berikut 18 Fakta Mengejutkan di Balik Perancis Vs Kroasia

Pemain Prancis mengangkat Didier Deschamps merayakan kemenangan sebagai juara dunia di Piala Dunia 2018

Pemain Prancis mengangkat Didier Deschamps merayakan kemenangan sebagai juara dunia di Piala Dunia 2018

POJOKSATU.id, RUSIA – Perancis berhasil memastikan diri sebagai juara dunia dalam Piala Dunia 2018 usai menundukkan Kroasia di laga puncak di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Les Blues menghajar Kroasia dengan skor telah 4-2 dengan dibuka gol bunuh diri, penalti dan blunder Hugo Lloris.

Gelar juara dunia Prancis menjadi yang ketiga. Kali terakhir gelar ini didapat setelah 20 tahun berlalu. Terakhir, tim ayam jantan itu juara dunia pada 1998 silam di era Zinedine Zidane.

Berikut 18 fakta mengejutkan di balik laga Prancis vs Kroasia:

1. Olivier Giroud tercatat menjadi striker yang sama sekali tak bisa melepaskan tembakan ke gawang dalam 546 menit di Piala Dunia ini untuk Prancis.

2. Mario Mandzukic jadi pemain kedua dalam sejarah Piala Dunia yang membuat gol bunuh diri dalam laga final Piala Dunia. Hal yang sama sebelumnya dibuat Ernie Brandts di laga Belanda vs Italia pada tahun 1978.

3. Mario Mandzukic telah menjadi pemain ke-5 yang mencetak gol di kedua Piala Dunia dan Piala Eropa/final Liga Champions, setelah Ferenc Puskas, Zoltan Czibor, Gerd Muller & Zinedine Zidane.

4. Kylian Mbappe jadi pemain termuda ke-2 dengan 19 tahun 207 hari, yang mampu mencetak gol di laga final Piala Dunia setelah Pele pada usia 17 tahun 249 hari pada tahun 1958 untuk Brasil.

5. Paul Pogba adalah pemain Liga Premier Inggris pertama yang mampu mencetak gol di final Piala Dunia sejak Emmanuel Petit pada 1998 silam.

6. Paul Pogba telah menjadi pemain Manchester United pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia.

7. Satu-satunya tim yang memenangkan final Piala Dunia setelah tertinggal di babak pertama adalah Uruguay melawan Argentina. Yakni pada 1930 silam.

loading...

Feeds