Gunung-gunung Jawa Barat Terus Dipantau

Gunung Guntur Garut

Gunung Guntur Garut

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Aktifitas Gunung Agung akhir-akhir ini menunjukan bahwa potensi setiap gunung berapi di Jawa Barat melakukan aktifitas yang serupa.

Namun keadan itu tidak banyak terlihat, penyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Wawan Irawan.

Wawan mengatakan, saat ini beberapa gempa juga dirasakan beberapa daerah di Indonesia, meski keadan itu tidak nampak PVMBG terus memantau semua aktifitas gunung-gunung di Indonesia utamanya beberapa gunung berapa di Jawa Barat.

“Kita awasi, pantau intensif, sperti gunung-gunung di Garut saat ini kita masih dalam level normal, beberapa gunung lain juga kita lihat aktifitasnya,”ujarnya kepada pojokbandung di Jalan Diponogoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/7/2018).

Menurutnya, semua gunung api pada dasarnya memiliki potensi aktifitas yang sama dengan beberapa kejadian akhir-akhir ini, untuk di Jawa Barat seperti Takuban Prahu selalu kita berikan pengawasan, mengingat tempat pariwisatanya berada di lokasi kawah.

“Kita khawatirkan terjadi apa-apa mengingat itu juga masih termasuk gunung, saat ini kita pantau terus dan masih normal,”ungkapnya.

Wawan menuturkan, semua pemeriksaan gunung di Jawa Barat belum ditemukan ada indikasi aktifitas berlebih. mengingat seperti gunung garut itu terakhir meletus sekitar 150 tahun kebelakang.

Lanjut Wawan, aktifitas gempa vulkanik selalu dihitung oleh PVMBG selanjutnya di lakukan pengamatan dan berdasarkan hitungan seluruh gunung berbeda-beda angka normalnya, seperti ada beberapa yang ada yang aktifitasnya tinggi namun terlihat normal.

“Pada intinya beberapa aktifitas gunung memiliki aktifitasnya yang berbeda-beda tidak bisa disamakan seluruhnya,” kata Wawan.

Wawan menambahkan, untuk kewaspadaan masyarakat tetap selalu menjaga diri, mengingat keadan alam bisa berubah seketikar.

 (azs/pojokbandung)

loading...

Feeds