Alhamdulillah… Partisipasi Pemilih di Pilwalkot Bandung Meningkat Signifikan

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok. Foto:rmoljabar

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok. Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kesadaran berpolitik warga kota Bandung meningkat, ditandai dengan naiknya jumlah warga yang mencoblos di Pilwalkot Bandung tahun 2018.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok melalui sambungan telepon, Jumat (6/7/2018).

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengapresiasi masyarakat Kota Bandung yang semakin cerdas dalam berdemokrasi. Salah satu indikasinya yaitu angka pemilih di ibu kota provinsi Jawa Barat ini dalam Pilkada Serentak yang telah berlangsung 27 Juni 2018 lalu cukup tinggi,” tuturnya.

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Bandung, tingkat partisipasi pemilih di kota kembang ini sebesar 76% atau 1,3 juta orang untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar maupun Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan partisipasi pemilih Pilkada tahun 2013 lalu yang sebesar 60,47%.

“Syukur alhamdulillah melebihi angka partisipasi pemilih Pilkada sebelumnya. Hal ini menunjukkan masyarakat Kota Bandung semakin cerdas berdemokrasi. Mereka semakin sadar menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Secara rinci, lanjutnya, masyarakat Kota Bandung yang menggunakan hak pilihnya untuk Pilgub Jabar sebanyak 1.308.335 orang. Dengan surat suara sah sebanyak 1.279.870. Sedangkan sisanya 28.465 surat suara tidak sah.

loading...

Feeds