Ini 4 Alasan Ilmiah Kenapa Berhubungan Seks Itu Menyehatkan!

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Selain mengeratkan ikatan emosional antara suami dan istri semakin dalam dan kuat, menurut penelitian ilmiah bercinta ternyata juga bisa memberi manfaat kesehatan pada tubuh. Apa saja?

Sebuah studi dari Universitas Coventry menemukan aktivitas seksual yang sering dilakukan orang dewasa dapat meningkatkan kekuatan otak.

Periset menemukan orang-orang yang terlibat dalam aktivitas seksual  teratur mendapat nilai lebih tinggi pada tes yang mengukur kelancaran verbal dan kemampuan  secara visual melihat objek dan ruang.

Tak hanya itu, bercinta juga membantu kesehatan kita. Nah, berikut ini ada empat alasan kenapa bercinta bisa buat tubuh sehat.

1. Mood

Saat bercinta dan orgasme, endorfin, neurotransmiter dan hormon dilepaskan. Oksitosin adalah hormon yang dilepaskan selama dan setelah berhubungan seks yang telah terbukti membuat orang lebih murah hati terhadap pasangannya dan juga dapat membantu menginduksi ketenangan dan tidur.

Neurotransmiter penting adalah serotonin, antidepresan utama tubuh dan salah satu alasan utama orang tersenyum dan merasa bahagia sekaligus rileks setelah berhubungan seks.

2. Kesehatan Hati

Sebuah studi di Queens University di Belfast menemukan berhubungan seks tiga kali seminggu  dapat mengurangi separuh risiko serangan jantung atau stroke. “Gagasan soal pria lebih berisiko terkena serangan jantung saat bercinta kebanyakan adalah kesalahpahaman,” kata para ahli.

Profesor Peter Weisberg, Direktur Medis British Heart Foundation, mengatakan tidak ada bukti pria yang melakukan hubungan seks secara teratur berusia 40-an, 50-an dan seterusnya berisiko tinggi terkena serangan jantung.

3. Meningkatkan Imunitas

Banyak bercinta bisa meningkatkan imunitas dari flu. Imunoglobulin A, atau IgA, zat yang ditemukan di air liur dan lapisan hidung diperkirakan membantu sistem kekebalan tubuh kita melawan flu.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menanyakan 11 sukarelawan soal seberapa sering melakukan hubungan seks selama satu bulan. Kemudian peneliti mengukur kadar IgA dalam air liur para relawan. Mereka yang berhubungan seks seminggu sekali atau sedikit mengalami sedikit peningkatan. Tapi mereka yang bercinta lebih sering memiliki 30 persen tingkat yang lebih tinggi.

4. Hidup Lebih Lama

Salah satu penelitian terbesar tentang umur panjang dilakukan pada pria Welsh. Dan ditemukan mereka yang berhubungan seks kurang dari sebulan sekali berisiko dua kali mengalami kematian sebelum waktunya dibandingkan mereka yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu.

“Aktivitas seksual tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan pria,” kata Dr Brewer. “Ini mungkin terkait dengan efek hormon seks utama, DHEA atau dehydroepiandroterone, yang dibuat di kelenjar adrenal dan berfungsi sebagai blok bangunan hormon lain seperti estrogen, testosteron dan progesteron,” pungkasnya.

(popular/pojokbandung)

 

loading...

Feeds