Pemkot Rumuskan Nama untuk Posisi Sekda Kota Cimahi

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi segera mencari pengganti Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, M. Yani yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Agustus 2018.

Namun, sebelum resmi diganti oleh pejabat definitif, Pemerintah Kota Cimahi akan mengajukan Calon penjabat (Pj) Sekda kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Cimahi Harjono mengatakann idealnya, nama Pj diajukan maksimal pertengahan Juli. Sedangkan untuk Sekda definitif dipilih lewat seleksi lelang jabatan terbuka.

Aturan pengajuan Pj Sekda diatur dalam Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah. “Sesuai Keppres No. 3/2018 perlu ada Pj Sekda dengan kewenangan penuh seperti Sekda. Terutama untuk tandatangan anggaran dan pengelolaan organisasi,” ungkap Harjono.

Selain Sekda, dalam waktu lebih awal Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Cimahi memasuki pensiun 1 Juli 2018.

“Karena Kepala Bapenda kosong, maka kewenangan ditarik ke pimpinan lebih tinggi yaitu Sekda. Nah, sekda juga mau pensiun maka mengantisipasi kekosongan pejabat, Pak Wali harus segera mengajukan Pj,” kata Harjono.

Nama Pj Sekda dapat dipilih dari jajaran pejabat di Pemkot Cimahi. Setelah Sekda Kota Cimahi resmi pensiun dan Pj Sekda ditetapkan, Pemkot Cimahi bakal segera membuka lelang jabatan terbuka (open bidding).

Sebelum ada kadis definitif, jabatan yang kosong akan diisi pelaksana tugas (Plt) yang melaksanakan tugas sesuai kewenangannya.

“Kita open bidding sekda dan pejabat setingkat kepala dinas yang kosong. Bisa disatukan, tapi bisa juga dipisah,” tutur Harjono.

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, mengaku sedang memikirkan soal Pj Sekda.

“Yang pasti butuh orang yang berpengalaman, lebih bijaksana lagi, terutama mengerti dan menguasai pemerintahan. Belum sampai tahapan ambil dari pemkot atau provinsi, masih dalam tahap menghimpun kriteria,” ungkap Ajay.

Menurut Ajay, jajaran pejabat di Pemkot Cimahi diakui banyak yang memenuhi kriteria yang diinginkannya. Mereka yang  dipilih dari kepangkatan yang linier.

“jangan yang sampai loncat-loncat,” kata Ajay.

Diakui, untuk penempatan Sekda definitif harus lewat open bidding.

“Sudah ada panitia seleksinya. Selain mencari Sekda, ada beberapa dinas yang kepalanya juga pensiun,” pungkasnya.

(rbdg)

loading...

Feeds