Mudahkan Kinerja Petugas Dishub, Pemkot Cimahi Tambah CCTV

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi berencana akan menambah 20 unit Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di setiap perempatan di jalan raya Cimahi. Mereka mengklaim penambahan jumlah unit akan memudahkan petugas dalam mengurai kemacetan.

Pengawas lalulintas darat Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Cecep Tomi meyebutkan saat ini Pemerintah Kota Cimahi sudah memasang sekitar 30 CCTV. Kamera yang sudah di pasang empat tahun lalu dinilai efektif meninjau situasi arus lalu lintas.

“Dengan adanya cctv ini kita bisa tahu dimasa saja macet, jam berapa dan kita bisa cari tau solisinya juga,” ucapnya saat ditemui di Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd Demang Kusuma, Jumat (29/6/2018).

Sejauh ini selama pemantauan, Dishub menyebut bahwa jam rawan kemacetan terjadi pukul 06.00 WIB – 08.00 WIB dan 16.00 WIB – 18.00 WIB. Adapun kawasan yang sering terjadi penumpukan ada di Jalan Lewigajah, Jalan Amir Mahmud, Jalan Cimindi dan Jalan pesantren.

“Biasanya kita lihat kenapa macetnya, contoh seprti Jalan Pesantren sering macet karena ada banyak persimpangan. Nantinya akan kita bikin satu arah saja,” sebutnya.

Lebih lanjut, Cecep mengungkapkan bahwa realisasi penambahan CCTV dilakukan pada tahun anggaran 2019. Meski belum melakukan penghitungan beban biaya yang diperlukan, ia memastikan anggaran akan dialokasikan pula untuk perawatan dan memasang alat pengeras suara.

“Sebetulnya kita sudah ada untuk pengeras suara, tapi kondisinya rusak. Paling tahun depan di anggarkan,” pungkasnya.

(Cr4).

loading...

Feeds