Ingat 27 Juni Besok… Warga yang Sudah Nyoblos Dapat Diskon Belanja dan Makan


Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya makan-makan usai mencoblos pada pilkada lalu.Foto:detikcom

Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya makan-makan usai mencoblos pada pilkada lalu.Foto:detikcom

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menarik perhatian masyarakat untuk memilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, bekerjasama dengan Pemkot Bandung meminta pengusaha restoran dan ritel untuk memberikan diskon bagi pemilih.

“Jadi, untuk masyarakat yang sudah mencoblos, bisa mendapatkan diskon berbelanja dan makan, di beberapa outlet tertentu. Dengan menunjukan jari, yang sudah kena tinta, bukti sudah mencoblos,” ujar Ketua KPU Kota Bandung Rifki Alimubarak, kepada wartawan, Selasa (26/6/2018).

Namun, Rifki belum bisa mengatakan dengan persis outlet mana saja yang sudah bekerjasama untuk memberikan diskon. Pasalnya, hal ini baru dikoornasikan dengan Pemkot dan pengusaha pemilik outlet.

Demikian juga dengan, besaran diskon, Rifki mengaku tidak tahu berapa besarannya. Karena itu bergantung kesanggupan masing-masing outlet.

Diskon ini, lanjut Rifki hanya berlaku satu hari, di hari pencoblosan saja. Dengan harapan bisa menarik partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya.

Rifki mengaku, pihaknya khawatir tidak maskimalnya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS. Karena, saat pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni, masih merupakan libur sekolah.

“Masih banyak mungkin orang-orang yang belum kembali dari pulang kampungnya. Sehingga kami khawatir target partisipasi tidak tercapai,” terangnya.

Target partisipasi warga tahun ini, sebesar 70 persen, naik dari lima tahun lalu sebanyak 60 persen. Namun mengingat kondisi seperti ini, Rifki mengaku angka partisipasi mencapai 60 persen juga sudah lumayan.

Selain diskon dari outlet, KPU juga akan menggelar sayembara TPS kreatif untuk stimulan kepala TPS mengajak warga untuk mencoblos.

Kriteria TPS yang berhak menjadi pemenang adalah, yang paling kreatif, paling banyak partisipasi dan aksesable untuk penyandang disabilitas.

“Pemenang akan dipilih dari masing-masing daerah pemilihan (Dapil). Di masing-masing Dapil akan dipilih mana yang paling kreatif, paling aksesable, dan paling besar partisipasinya,” terang Rifki.

Ditemui di tempat yang sama, Wali Kota Bandung membenarkan ada diskon di outlet-outlet tertentu, asal menunjukkan kelingking yang sudah kena tinta. “Mudah-mudahan, warga yang sudah mencoblos tidak keliling outlet, selama sehari itu ya,” kelakar Emil.

(mur/pojokbandung)

loading...

Feeds