Rusak Sudah Citra Pariwisata Indonesia, Lagi-Lagi Turis Jadi Korban Perkosaan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, LABUAN BAJO – Kasus turis diperkosa kembali terulang. Kali ini terjadi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Turis asal Prancis berinisial MB (22) diduga diperkosa pemandu wisata lepas berinisial A, Rabu (13/6/2018) sekitar pukul 15.30.

Kasus turis diperkosa di tempat wisata sudah beberapa kali terjadi di lokasi berbeda. Sejak Januari 2018, setidaknya empat kasus dugaan pemerkosaan dialami wisatawan asing di Indonesia.

Kasus pemerkosaan turis paling menghebohkan terjadi di Pulau Nyangnyang, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Selasa, 24 April 2018.

Turis asal Denmark berinisial SL (24) diperkosa petani kopra berinisial PS (24). Korban diperkosa di semak-semak yang tak jauh dari pinggiran pantai pulau Nyang-Nyang.

Kejadian ini mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Sebab, kasus tersebut dapat merusak citra pariwisata Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

“Itu perbuatan yang sangat memalukan dan merusak citra tatanan promosi pariwisata yang sudah kita bangun sedemikian rupa,” tegas Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit, Jumat 27 April 2018.

Nasrul meminta kepada masyarakat Sumatera Barat untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam memajukan pembangunan kepariwisataan.

“Pengembangan wisata jika kita kelola dengan baik akan dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat, karena itu mari kita jaga keamanan, kenyaman dan ketertiban di wilayah masing-masing,” tandas Nasrul.

Berikut 4 kasus turis diperkosa di lokasi berbeda sejak Januari 2018:

1. Turis Prancis Pasrah Diperkosa Pemandu Wisata di Labuan Bajo

Turis Prancis diperkosa
Ilustrasi

Turis cantik berinisial MB (22) jadi korban pemerkosaan di Labuan Bajo. Turis Prancis diperkosa oleh pemandu wisata lepas berinisial A.

Korban terpaksa melayani nafsu birahi pelaku karena takut diperkosa orang mabuk. Korban telah melaporkan kejadian itu ke polisi. Saat ini, polisi tengah memburu pelaku.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono membeberkan kronologi pemerkosaan yang dialami korban.

BACA: Takut Pria Mabuk, Turis Prancis Pasrah Diperkosa Pemandu Wisata di Labuan Bajo

Menurut Julisa, pelaku melancarkan aksi bejatnya usai mengantarkan korban menikmati keindahan objek wisata air terjun Cunca Wulang, Kabupaten Manggarai Barat.

“Kejadian pemerkosaan itu terjadi pada Hari Selasa, 12 Juni 2018 pukul 16.30 Wita,” ujar Julisa.

2. Turis Cantik Diperkosa Petani di Mentawai

Turis cantik korban pemerkosaan di Mentawai
Turis cantik diperkosa petani di Mentawai, Sumbar.

Turis cantik asal Denmark berinisial SL (24) diperkosa petani kopra di semak-semak di Pulau Nyangnyang, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Selasa (24/4/2018). Pelaku bernama Parmainan Sababalat (24).

Anggota kepolisian dari Polsek Muara Siberut telah menjemput pelaku di kediamannya yang berjarak sekitar 19 km dari kantor polisi.

BACA: Turis Cantik Diperkosa Petani di Mentawai, Pelaku Terancam 12 Tahun

Setelah memeriksa pelaku, korban, dan saksi, polisi menetapkan Parmainan Sababalat sebagai tersangka. Ia dijerat dengan pasal tindak pidana pemerkosaan Pasal 285 KUHP dengan ancaman kurungan 12 tahun penjara.

“Pidana ini baru kali ini terjadi. Jajaran akan berusaha mempercepat proses pemeriksaan. Tersangka saat ini sudah kami amankan di Mapolres Mentawai,” ujar Kasat Reskrim Polres Mentawai, Iptu Herit Syah, kepada wartawan di Padang.

loading...

Feeds