Dishub Kota Bandung Lemah Tangani Parkir dan Jukir Liar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung tak berkutik tangani parkir dan juru parkir (jukir) liar. Selama ini, tindakan hanya berupa sanksi ringan bagi pelanggar. Hal itu menjadi masalah dikala penegakan hukum tak mampu dilakukan secara mandiri oleh satu intitusi.

Kadishub Kota Bandung, Didi Ruswandi mengakui lemahnya regulasi dalam penangan dan penindakan setiap pelanggaran untuk parkir dan jukir liar. Didi berdalih, urusan parkir liar bukan kewenangan institusinya melainkan pihak kepolisian.

“Tapi jika ditinjau dari Perda K3, masalah ini kewenangan Satpol PP. Yang selama ini kami lakukan terkait penggembokan dan pemasangan stiker hanya untuk membuat efek jera dan agar pelanggar tidak kabur,” ungkap Didi kepada wartawan, Selasa (19/6/2018).

Pantauan Radar Bandung, pasca-libur Lebaran sejumlah ruas jalan di Kota Bandung banyak kendaraan yang parkir sembarangan. Padahal, sudah tertera rambu larangan parkir. Misalnya di Jalan Asia Afrika, tepatnya di depan Kantor Pos Asia Afika. Puluhan kendaraan parkir sembarangan dan tidak mengindahkan rambu larangan parkir.

Saat ditanya terkait hal itu, Didi mengaku tidak memiliki jumlah detail pelanggaran parkir liar disejumlah ruas jalan di Kota Bandung.

“Kami lebih konsentrasi di Jalan Dewi Sartika, yang selama ini relatif bisa dikendalikan dari parkir liar,” kilahnya.

Selain kendaraan yang parkir sembarangan masalah lain yang saling berkaitan ialah kehadiran jukir dadakan. Terkait penanganannya, Didi kembali berdalih hal itu merupakan kewenangan tim Sapu Bersih (Saber) Pungli.

loading...

Feeds