Sidang Isbat Idul Fitri 2018…Kemenag RI Tetapkan Lebaran Hari Jumat 15 Juni

pengamatan hilal

pengamatan hilal

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kementerian Agama telah selesai menggelar sidang isbat Idul Fitri 2018. Hasilnya, Idul Fitri 2018 atau 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat, 15 Juni 2018.

“Kami baru saja menyelesaikan Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1439 H. Sidang isbat diawali dengan pemaparan tim rukyatul hilal,” ucap ucap Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Kamis malam (14/6/2018).

“Sesaat setelah Sidang Isbat dibuka, kami telah menerima setidaknya 12 pelaku rukyatul hilal yang tersebar di seluruh tanah air. Seluruhnya menyatakan kesaksiannya melihat hilal. Maka dengan demikian, seluruh peserta Sidang Isbat bersepakat, 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat, 15 Juni 2018,” tandas Lukman.

Sebelumnya, pemantauan rukyatul hilal dilakukan di 97 titik yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Mayoritas tim pemantau mengaku sudah melihat hilal, kecuali di Bengkulu.

Hasil rukyatul hilal di sejumlah daerah disampaikan dalam Sidang Isbat yang dilangsungkan di Kantor Kementerian Agama. Sidang isbat dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, dan Mahkamah Agung.

Hadir pula Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium.

loading...

Feeds