Nuansa Piala Dunia 2018 Makin Terasa

Nuansa Piala Dunia 2018 di Bandara Rusia

Nuansa Piala Dunia 2018 di Bandara Rusia

Panitia Piala Dunia 2018 bakal memusatkan seluruh aktivitas fans di depan Lomonosov Moscow State University. Di sanalah fan zone dengan kapasitas 40 ribu orang didirikan. FIFA memang menginstruksikan bahwa setiap kota penyelenggara hanya diperbolehkan memiliki satu fan zone. Jadi, karena ada 11 kota yang menjadi tuan rumah penyelenggara, fan zone hanya ada 11. Meski, faktanya, ada dua stadion di Moskow yang menjadi tuan rumah. Satu Luzhniki dan satu lainnya Spartak Stadium.

Kepala Sports and Tourism Moscow Nikolay Gulyaev mengatakan bahwa fan zone tidak akan dibuka setiap hari alias hanya pada waktu pertandingan. Itu pun tidak seharian. Fan zone akan langsung ditutup beberapa jam setelah laga. “Ini memang sudah menjadi ketentuan dari FIFA,” kata Gulyaev.

Seorang fans asal Nigeria bernama Ogechi Adeyemi mengatakan sudah tidak sabar untuk merasakan detak Piala Dunia 2018. Karena itulah, dia sudah datang kemarin, jauhjauh hari sebelum laga perdana negaranya melawan Kroasia pada penyisihan grup D digelar pada 16 Juni waktu setempat di Kaliningrad Stadium.

Adeyemi memakai akreditasi khsusus suporter bernama Fan ID. Itu adalah fasilitas khusus yang baru diperkenalkan pada Piala Dunia 2018. Jadi, jika mengurus Fan ID, seseorang tidak memerlukan visa untuk masuk ke Rusia. Pemegang Fan ID bisa berada di wilayah Rusia mulai 10 hari sebelum kick-off sampai 10 hari setelah final (15 Juli waktu setempat). “Saya datang ke Rusia ini bersama enam kawan saya. Saya sangat bersemangat. Makanya, datang ke sini beberapa hari sebelum kami mulai berlaga,” ucap pengidola pemain Chelsea, Victor Moses tersebut.

Jadi, memang, beberapa hari sebelum laga pembuka sampai final nanti, Rusia habis-habisan dilanda demam bola. Mungkin, bukan hanya warga Rusia yang bersemangat menyambut event olahraga paling megah di dunia ini. Seluruh masyarakat dunia akan hanyut pada antusiasme yang menggebu-gebu. Dan tentu saja, Jawa Pos akan melaporkan semua “kegilaan” itu langsung dari arena pertandingan.

(*/c10/ttg)

 

loading...

Feeds